Detail Cantuman Kembali

XML

DISERTASI: DESAIN MATERI AJAR BAHASA ARAB DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) WATAMPONE


Belajar menjadi ciri khas manusia sebagai makhluk hidup, hal ini yang
membedakannya dengan makhluk lain. Bahasa memiliki peranan penting dalam
kegiatan pembelajaran. Bahasa Arab secara kodrati tidak dapat dipisahkan dari
agama Islam. Pada subtansinya desain materi ajar bahasa Arab di Sekolah Tinggi
Agama Islam Negeri (STAIN) Watampone yang tertuang dalam mata kuliah
mengharapkan hasil belajar yang maksimal dengan menguasai kemampuan istima>’,
kala>m, qira>’ah, dan kita>bah. Tujuan penelitian ini menganalisis desain materi ajar
bahasa Arab.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang merupakan
penelitian lapangan dan tergolong dalam jenis eksploratif yang bersifat deskriptif.
Pendekatan yang digunakan meliputi teologi normatif, pedagogik, sosiologis,
psikologis, dan linguistik. Sampel dipilih secara purposive dari keseluruhan populasi
yang dibagi atas data primer dan data skunder. Pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun instumen tetap berpegang pada
pedoman pengumpulan data. Sedangkan pengelolahan data melalui reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Terakhir yang ditempuh
pengujian keabsahan data meliputi; objektivitas, kesahian internal dan eksternal, dan
keterandalan atau realibilitas
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab pada
STAIN Watampone menggunkan metode yang bervariasi bagi setiap dosen pengajar,
mengunakan SAP/RPS yang bermacam-macam yang tidak seragam dan berakibat
pada kesenjangan pembelajaran antara dosen, mahasiswa dengan materi ajar yang
dilaksanakan dalam proses perkuliahan. Khusus, sarana dan prasarana masih
tergolong sangat minim dalam menunjang penguasaan bahasa (istima>’, kala>m,
qira>’ah, dan kita>bah).
Desain materi ajar ideal perlu memperhatikan segmentasi pembelajaran
formal yang menitikberatkan pada penguasaan maha>rah qira>’ah dan maha>rah
kita>bah. Adapun penguasaan istima>’ dan kala>m mestinya berbentuk nonformal.
Akmal - Personal Name
492 AKM d
492
Text
Indonesia
PENDIDIKAN BAHASA ARAB
2018
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...