Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS: DAMPAK PRAKTIK RENTENIR TERHADAP KESEJAHTERAAN PEDAGANG ECERAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM DI BARRANG CADDI KOTA MAKASSAR


Tesis ini memfokuskan pada masyarakat di Kelurahan Barrang Caddi Kecamatan Kepulauan Sangkarrang Kota Makassar, bertujuan untuk membahas tentang dampak rentenir terhadap kesejahteraan pedagang eceran dalam perspektif ekonomi Islam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui eksistensi praktik rentenir dalam kehidupan masyarakat, untuk mengetahui dampak praktik rentenir terhadap kesejahteraan pedagang eceran dan untuk menganalisis dampak praktik rentenir terhadap kesejahteraan pedagang eceran ditinjau menurut prinsip ekonomi Islam.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif-kualitatif dalam metode penelitian studi kasus dengan pendekatan paradigma kritis. Metode pengumpulan data primer melalui observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan pengujian keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa eksistensi rentenir telah ada sejak tahun 2013 dikarenakan kebutuhan modal dan tidak adanya lembaga keuangan formal, serta mekanisme utang piutang yang dilakukan dengan proses yang mudah tanpa prosedur dan persyaratan yang rumit serta pembayaran utang menggunakan sistem cicil per hari. Rentenir memberikan dampak negatif pada kesejahteraan pedagang eceran. Kesejahteraan tercapai bila terpenuhinya kebutuhan material dan spiritual, pinjaman modal dari rentenir hanya mampu memenuhi kebutuhan materialnya, namun tidak pada kebutuhan spiritual. Praktik riba yang dilakukan rentenir tidak sesuai dengan prinsip ekonomi Islam yaitu prinsip keadilan, prinsip ta’awun dan prinsip muslahat.
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman akan dampak riba terhadap kesejahteraan pedagang eceran sehingga timbul kesadaran dari pedagang eceran untuk tidak menggunakan jasa rentenir dan hendaknya rentenir menjalankan usahanya sesuai dengan syari’at Islam dengan menggunakan sistem kerja sama berbasis profit and loss sharing serta pakar ekonomi Islam kiranya menyalurkan pengetahuan dan aspirasinya melalui media yang ada maupun mempraktikkannya langsung dalam kehidupannya sebagai upaya untuk memperkenalkan ekonomi Islam di tengah kehidupan perekonomian masyarakat.

Kata Kunci: Dampak, Praktik Rentenir, Pedagang Eceran, Kesejahteraan, Prinsip Ekonomi Islam

UTIA KHASANAH - Personal Name
2X6 UTI d
2X6
Text
Indonesia
EKONOMI SYARIAH
2019
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...