Detail Cantuman Kembali

XML

DISERTASI: Implementasi Total Quality Management (TQM) dalam Membina Mutu Pendidikan pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Makassar.


Disertasi ini membahas masalah implementasi TQM dalam membina mutu pendidikan pada MAN 2 Model Makassar, yang bertujuan; Pertama, untuk mengetahui proses implementasi TQM dalam membina mutu pendidikan pada MAN 2 Model Makassar. Kedua, untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan yang menghambat implementasi TQM pada MAN 2 Model Makassar. Ketiga, untuk mengetahui hasil penerapan TQM pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Makassar.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan instrumen kunci adalah peneliti sendiri. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi data. Sedang analisa data dilaksanakan secara induktif yang lebih mementingkan makna dari pada generalisasi data dengan menggunakan dua pendekatan, yaitu pendekatan studi dan pendekatan metodologi. Sumber data penelitian ini terdiri dari Kepala Madrasah, Kepala Tata Usaha, guru, pegawai dan pengawas serta Pengurus Komite MAN 2 Model Makassar. Pengujian keabsahan data dipergunakan beberapa teknik antara lain; perpanjangan pengamatan, trianggulasi, diskusi teman sejawat dan member check.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi TQM pada MAN 2 Model Makassar ternyata belum terlaksana secara sempurna, seperti dalam bidang administrasi dan manajemen, pengembangan kurikulum, proses pembelajaran, evaluasi/supervisi pendidikan dan pembinaan tenaga kependidikan. Terhadap bidang-bidang tersebut masih membutuhkan langkah-langkah kongkrit secara optimal untuk mengimplementasikan dan mengadaptasikan prinsip-prinsip dan pedoman mutu (quality manual) yang direkomendasikan oleh TQM. Sementara faktor-faktor yang mendukung, baik pendukung internal maupun eksternal ternyata cukup potensial dan signifikan untuk meningkatkan mutu pendidikan pada MAN 2 Model Makassar, seperti kualifikasi akademik tenaga pendidik, sarana dan prasarana, jumlah peserta didik, dan dukungan dari masyarakat. Sedang faktor-faktor yang menghambat ternyata tidak terlalu berarti, karena pada umumnya faktor tersebut dapat teratasi seiring dengan pelaksanaan dan perbaikan kualitas secara berkesinambungan.
Implikasi penelitian, bahwa TQM sebagai sistem manajemen moderen yang menuntut perbaikan kualitas secara berkesinambungan(continuous improvement) dan konprehensif, disertai dengan obsesi dan komitmen yang tinggi terhadap mutu akan menjadikan MAN 2 Model Makassar sebagai madrasah yang unggul, yaitu unggul dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dan unggul dalam Iman dan Taqwa (IMTAQ). Penerapan TQM secara efektif akan berdampak pada peningkatan kinerja kepala Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Makassar bersama dengan guru dan staf, dan pada gilirannya akan berdampak pula terhadap peningkatan prestasi peserta didik sesuai harapan dan keinginan pelanggan, terutama orang tua peserta didik.

Hamzah Djunaid - Personal Name
370 HAM i
370
Text
Indonesia
2014
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...