Detail Cantuman Kembali

XML

DISERTASI: Pengaruh Kinerja Supervisor dan Profesionalisme Guru Bahasa Arab terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Madrasah Aliyah di Sulawesi Tenggara


Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tentang; gambaran
kinerja supervisor dalam melaksanakan tugas kepengawasan pada Madrasah Aliyah
di Sulawesi Tenggara, realitas profesionalisme guru bahasa Arab pada Madrasah
Aliyah di Sulawesi Tenggara, realitas prestasi belajar bahasa Arab peserta didik
Madrasah Aliyah di Sulawesi Tenggara, pengaruh kinerja supervisor terhadap
prestasi belajar bahasa Arab peserta didik Madarasah Aliyah di Sulawesi Tenggara,
pengaruh kinerja supervisor terhadap profesionalisme guru bahasa Arab Madrasah
Aliyah di Sulawesi Tenggara, pengaruh profesionalisme guru bahasa Arab terhadap
prestasi belajar bahasa Arab peserta didik Madarasah Aliyah di Sulawesi Tenggara.
Dan terakhir untuk mengetahui dampak kinerja supervisor dan profesionalisme guru
bahasa Arab terhadap prestasi belajar bahasa Arab peserta didik Madrasah Aliyah di
Sulawesi Tenggara.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif, dilihat dari keluasan
datanya termasuk penelitian survey, dari segi analisis datanya termasuk penelitian
korelasional, kemudian dari segi datanya termasuk penelitian assosiatif ex post
facto yang bertujuan untuk memberi gambaran secara kuantitatif pada permasalahan
yang diajukan, dan berupaya mencari pengaruh variabel eksogen terhadap variabel
endogen. Populasi penelitian ini berjumlah 112 orang guru bahasa Arab dan 112
peserta didik. Data dikumpulkan melalui angket yang diberikan kepada guru bahasa
Arab untuk mengetahui respons guru terhadap kinerja supervisor dan
profesionalisme guru, dan data tentang prestasi belajar (nilai rata-rata kelas)
diperoleh melalui studi dokumentasi pada buku rapor peserta didik, selanjutnya
teknik analisis datanya menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial
dengan analisis jalur (path analysis) melalui program SPSS 21 for windows.
Hasil penelitian diperoleh bahwa secara deskriptif (1) realitas kinerja supervisor di Madrasah Aliyah Provinsi Sulawesi Tenggara berdasarkan tanggapan
responden pada umumnya memiliki kategori yang tinggi (2) realitas profesionalisme
guru bahasa Arab berdasarkan tanggapan responden pada umumnya juga memiliki
kategori yang tinggi (3) realitas prestasi belajar bahasa Arab peserta didik
berdasarkan studi dokumentasi pada buku rapor peserta didik menunjukkan bahwa
rata-rata prestasi kelas pada pelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah pada
umumnya termasuk prestasi belajar yang berkategori sedang. Sedangkan dari hasilxx
pengujian hipotesis diperoleh bahwa; (1) Terdapat pengaruh kinerja supervisor
terhadap prestasi belajar bahasa Arab peserta didik, kinerja supervisor tersebut
berpengaruh langsung atau memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar bahasa
Arab pada peserta didik sebesar 19,1%. (2) Terdapat pengaruh kinerja supervisor
terhadap profesionalisme guru bahasa Arab dan kinerja supervisor tersebut juga
berpengaruh langsung atau memberikan kontribusi terhadap profesionalisme guru
bahasa Arab sebesar 30,4%. (3) Terdapat pengaruh profesionalisme guru terhadap
prestasi belajar bahasa Arab dan profesionalisme guru tersebut berpengaruh
langsung atau memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar bahasa Arab sebesar
38,6%. (4) Terdapat pengaruh kinerja supervisor (X1) dan profesionalisme guru (X2)
(secara simultan) terhadap prestasi belajar bahasa Arab (Y) dan keduanya
memberikan kontribusi secara bersama-sama sebesar 39,90%, sedangkan sisanya
sebesar 60,10% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian
ini.
Implikasi dari penelitian ini adalah (1) Para supervisor Madrasah Aliyah
Provinsi Sulawesi Tenggara, hendaknya dalam melakukan pemantauan, bimbingan,
monitoring dan evaluasi kepada guru diikuti dengan tindak lanjut perbaikan agar
kekurangan dan kesalahan sebelumnya tidak terulang. Melakukan pembinaan
melalui program KKG, MGMP dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di
madrasah, khususnya pembelajaran bahasa Arab. (2) Para guru bahasa Arab hendaknya berusaha meningkatkan kompetensinya dengan cara meningkatkan penguasaan
pada materi bahasa Arab, menambah wawasan ilmu kebahasaan dengan berbagai
metode, tehnik dan strategi pembelajaran inovatif dan variatif agar peserta didik
dapat termotivasi dalam belajar sehingga bisa mencapai prestasi belajar yang
maksimal. (3) Setiap madrasah seharusnya berusaha menciptakan lingkungan
kondusif yang dapat mendukung proses pembelajaran bahasa Arab, di samping itu
diperlukan pengadaan fasilitas pembelajaran berupa media ICT dan sejenisnya yang
dapat membantu pencapaian hasil belajar yang optimal. (4) Kementerian Agama
perlu meninjau kembali regulasi yang mengatur tentang supervisor khususnya
tentang penetapan supervisor khusus untuk pembelajaran bahasa Arab.
Memprogramkan pembinaan secara berkala kepada guru bahasa Arab agar prestasi
belajar bahasa Arab dapat lebih baik. (5) Peserta didik khususnya mereka yang
berasal dari Sekolah umum perlu mendapatkan bimbingan melalui program khusus
berupa program matrikulasi atau program sejenis lainnya agar pengetahuan bahasa
Arab mereka dapat disesuaikan dengan tingkat pendidikan madrasah yang sedang
dijalani, sehingga hasil belajar yang dicapai tidak jauh tertinggal.
St.Kuraedah. - Personal Name
492 KUR p
492
Text
Indonesia
2014
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...