Detail Cantuman Kembali

XML

Tesis: MINAT MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (ANALISIS PADA MAHASISWA STAIN WATAMPONE)


Tesis ini membahas tentang minat mahasiswa terhadap pembelajaran Bahasa Arab di STAIN Watampone. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gambaran pembelajaran bahasa Arab di STAIN Watampone, mengetahui minat mahasiswa terhadap pembelajaran Bahasa Arab, dan memaparkan faktor yang memengaruhi minat mahasiswa terhadap pembelajaran bahasa Arab.
Penelitian ini berlokasi di STAIN Watampone dengan teknik pengumpulan data riset lapangan, meliputi teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan psikologi, yuridis, linguistik, dan pedagogik. Adapun sumber data diperoleh langsung dari informan sebagai sumber utama. Data yang diperoleh dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
STAIN Watampone merupakan perguruan tinggi unggulan di kabupaten Bone. Pembelajaran bahasa Arab adalah mata kuliah wajib di STAIN Watampone, namun kenyataannya pembelajaran bahasa Arab cenderung menjadi momok dan kurang disukai oleh mahasiswa sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa minat mahasiswa di STAIN Watampone kurang, disebabkan mayoritas mereka berasal dari sekolah formal yang tidak mengajarkan bahasa Arab sehingga mereka belum memiliki dasar bahasa Arab yang baik. Secara umum faktor yang memengaruhi minat belajar mahasiswa STAIN Watampone kurangnya motivasi mahasiswa dalam belajar bahasa Arab. STAIN Watampone perlu mengadakan kegiatan-kegiatan yang memancing minat mereka terhadap pembelajaran bahasa Arab.
Implikasi dari penelitian ini yaitu hendaknya dosen bahasa Arab menyadari pentingnya peningkatan minat mahasiswa terhadap pembelajaran bahasa Arab dengan mengadakan kursus bahasa Arab sebagai kegiatan ekstra kurikuler untuk mahasiswa baru yang belum memiliki dasar bahasa Arab, mengadakan kegiatan-kegiatan kebahasaan seperti lomba pidato, cerdas cermat, dan debat dalam bahasa Arab.

MUHAMMAD ABDUH - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
PENDIDIKAN BAHASA ARAB
2016
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...