Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS: Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dalam Pembelajaran Pendididkan Agama Islam Kelas VIII di SMPN 1 Galang Kabupaten Tolitoli Sulawesi Tengah.


Tesis ini membahas tentang Penerapan KTSP dalam Pembelajaran PAI Kelas VIII di SMPN 1 Galang Kabupaten Tolitoli Sulawesi Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana proses penerapan KTSP, 2) Mengetahui apa faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan KTSP, 3) Mengetahui bagaimana hasil penerapan KTSP dalam pembelajaran kelas VIII di SMPN 1 Galang.
Penelitian ini adalah penelitian di lapangan dan bersifat deskriptif kualitatif. Membahas permasalahan, melakukan pengumpulan data di lapangan dengan menggunakan teknik observasi,wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah guru PAI, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, urusan kurikulum, perwakilan peserta didik, danbeberapa informan lain dianggap layak dan relevan dengan penelitian ini. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan psikologis, pedagogis, teologis normatif, yuridis, dan cultural.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan KTSP di crosscheck, penerapannya dalam pembelajaran belum berjalan maksimal.Sedangkan sumber belajar yang tersedia tergolong belum memadai dan pemanfaatannya belum efektif karena alat pendukung dan keterbatasan kemampuan pendidik dalam mengoprasikan sumber belajar, (2) SMPN 1 Galang memiliki aset yang menjadi faktor pendukung dalam penerapan KTSP dan penggunaan sumber belajar PAI, Yaitu faktor kesempatan belajar dan faktor media belajar, disisih lain memiliki faktor penghambat, yaitu: (a)penerapan KTSP, (b) keterbatasan sumber belajar, (c) kondisi buku di perpustakaan kurang relevan, (d) keterbatasan kemampuann guru PAI dalam memanfaatkan media pembelajaran yang berbsis teknologi, (3) pada dasarnya pelaksanaan pembelajaran PAI sudah berjalan dengan baik, tetapi ada beberapa hal yang seharusnya menjadi perhatian, yaitu: a) dalam kegiatan pembukaan pembelajaran pendidik tidak menggunakan pretest terhadap materi yang akan di ajarkan, b) dalam kegiatan inti pembelajaran sudah berjalan dengan baik dan belum maksimal, c) penutupan dalam pembelajaran pendidik tidak tidak melakukan penilaian terhadap pelaksanaan yang telah dilakukan.
Implikasi dari penelitian ini adalah: 1) diharapkan kepada guru PAI untuk melaksanakan dengan baik desain pembelajaran yang telah dirancang, 2) hendaknya guru mengarahkan pembelajaran ke pengembangan potensi peserta didik, 3) guru diharapkan untuk terus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan ketrampilanberbasis teknoligi, agar otonomi pendidikan berjalan sesuai tujuan sekolah dan tujuan pendidikan nasional. Penyusunan KTSP melibatkan berbagai pihak, proses penerapan dan evaluasi harus ditanggung bersama oleh pihak terkait. Pihak sekolah tidak dapat mengelola program sekolah tanpa perhatian, bantuan pemerintah daerah dan pemerintah pusat.

M. AMIN NABA - Personal Name
2X7
2X7
Text
PENDIDIKAN ISLAM
2012
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...