Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS: Modernisasi Pendidikan Pondok Pesantren Al-Muhajirien Margolembo Kecamatan Mangkutana Kabupaten Luwu Timur (Problematika dan Solusinya)


Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui model modernisasi pendidikan Pondok Pesantren Al-Muhajirien Margolembo; 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam melakukan modernisasi pendidikan Pondok Pesantren Al-Muhajirien Margolembo; dan 3) Untuk mengetahui problematika dan solusi dalam melakukan modernisasi pendidikan di pondok pesantren Al-Muhajirien Margolembo.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah multidisipliner, yakni; pendekatan pedagogis, sosiologis, dan teologis normatif. Untuk menguji keabsahan data digunakan triangulasi yakni teknik pemeriksaan keabsahan data dengan memanfaatkan sesuatu yang lain dari luar data itu untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa modernisasi pendidikan Pondok Pesantren Al-Muhajirien diawali dengan melakukan modernisasi kurikulum, manajemen dan personalia, metode pembelajaran, dan modernisasi fasilitas. Faktor pendukung modernisasi pendidikan Pondok Pesantren Al-Muhajirien Margolembo adalah; 1) beberapa kali dijadikan project plan perguruan tinggi yang ada di Luwu Raya; 2) Meningkatnya jaringan kerjasama (networking) yang dibangun oleh Pondok Pesantren Al-Muhajirien Margolembo; 3) kerjasama orangtua santri dan masyarakat sangat mendukung peningkatan mutu pendidikan di Pondok Pesantren Al-Muhajirien Margolembo. Sedangkan faktor penghambat dapat diidentifikasi adalah: 1) profesionalitas guru masih perlu ditingkatkan; 2) program pesantren belum diikuti pembinaan orang tua di rumah; 3) motivasi santri masih perlu ditingkatkan. Sedangkan problematika yang menyertainya adalah problematika Sumber Daya Manusia, problematika sumber dana, dan problematika input siswa. Solusi yang dilakukan adalah merekrut Sumber Daya Manusia dari Jawa, mengusahakan funding dari donatur maupun pemerintah, dan mendayagunakan potensi pendidik untuk melakukan inovasi agar masyarakat tertarik menyekolahkan anaknya di Pondok Pesantren Al-Muhajirien.
Implikasi penelitian ini adalah bahwa dengan melakukan modernisasi pendidikan Pondok Pesantren dapat memperbaiki kualitas pendidikan dan image positif masyarakat terhadap Pondok pesantren dapat ditingkatkan. Modernisasi di Pondok Pesantren Al-Muhajirien baru terbatas pada kurikulum, manajemen dan personalia, metode pembelajaran, dan fasilitas. Pondok Pesantren Al-Muhajirien dan lembaga pendidikan Islam lainnya dapat memperluas wilayah modernisasi pendidikannya sehingga Pondok Pesantren menjadi kiblat dalam mewujudkan centre of excelence peradaban Islam.

M. Zaenal Edi Cahyono - Personal Name
2X7
2X7
Text
PENDIDIKAN ISLAM
2012
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...