Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS: PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BIDANG STUDI FIKIH PADA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI DONDO KABUPATEN TOLITOLI


Tesis ini membahas tentang peningkatan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam Fikih pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Dondo kabupaten Tolitoli, tujuan penelitian adalah untuk mengetahui upaya peningkatan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam bidang studi Fikih, faktor-faktor yang menjadi kendala dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam bidang studi Fikih , dan upaya untuk mengatasi kendala peningkatan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam bidang studi Fikih.
Data diperoleh dengan menggunakan metode berupa observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan tehnik deskriftif kuantitatif dalam bentuk tabel dan persentase.
Hasil penelitian didapatkan bahwa upaya peningkatan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam bidang studi Fikih pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Dondo kabupaten Tolitoli, yakni: Meningkatkan profesionalisme guru, penerapan kondisi pembelajaran di kelas yang baik, pengorganisasian kelompok belajar, meningkatkan fasilitas pembelajaran Fikih. Bimbingan dan penegasan kedisiplinan belajar Fikih. Faktor yang menjadi kendala dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam bidang studi Fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri Dondo kabupaten Tolitoli, yakni: Sebagian yang kurang senang pelajaran Fikih dan kurangnya partisipasi orang tua dalam memberi motivasi anak untuk belajar Fikih.
Implikasi penelitian ini adalah guru bidang studi Fikih di Madrasah Tsanawiyah NegeriDondo, hendaknya lebih meningkatkan profesionalismenya untuk lebih meningkatkan mutu pembelajaran khususnya bidang studi Fikih, penyediaan sarana dan fasilitas pembelajaran seperti alat peraga dalam proses pembelajaran Fikih hendaknya lebih ditingkatkan sebagai upaya dalam peningkatan mutu pembelajaran Fikih, bimbingan dan penegasan kedisiplinan belajar sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pembelajaran bidang studi Fikih .


JUFRI LADJIM - Personal Name
2X7
2X7
Text
PENDIDIKAN ISLAM
2012
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...