Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS: EFEKTIVITAS MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SMP DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI KOTA PALOPO


Masalah pokok tesis ini adalah Efektivitas Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP dalam Meningkatkan Kompetensi Guru PAI di Kota Palopo. Adapun tujuan penelitian ini adalah:a)Untuk Mendeskripsikan eksistensi MGMP PAI SMP di Kota Palopo. b)Untuk Mendeskripsikan gambaran kompetensi guru PAI SMP di Kota Palopo. c)Untuk Mendeskripsikan usaha-usaha efektif MGMP PAI dalam meningkatkan kompetensi guru SMP di Kota Palopo. d)Untuk Menganalisis dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat MGMP dalam meningkatkan kompetensi guru PAI SMP di Kota Palopo dan bagaimana solusinya.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data yaitu riset kepustakaan (Library Research), Riset Lapangan (Field Research) yang terdiri dari: observasi, interview/wawancara, dokumentasi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pedagogis, pendekatan manajemen, pendekatan religius,dan pendekatan sosiologis. Sumber data ada 2 sumber yaitu sumber primer dan sekunder. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri untuk mendapatkan fokus penelitian dan instrumen pendukung adalah interview guide (pedoman wawancara), selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif yaitu dijabarkan dengan kata-kata atau kalimat yang dipisah-pisahkan menurut kategori untuk memperolah kesimpulan.
Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP di Kota Palopo, cukup efektif dalam melakukan peningkatan kompetensi guru di Kota Palopo. Dengan indikator, MGMP Pendidikan Agama Islam SMP eksis dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan pengembangan kompetensi guru di Kota Palopo, kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam cukup baik dalam melakukan persiapan pembelajaran di kelas, memiliki kegiatan-kegiatan efektif seperti pertemuan berkala yang didukung oleh motivasi guru yang tinggi di dalam melakukan pengembangan diri.
Beberapa saran yang sifatnya konstruktif yang dapat diberikan kepada pihak terkait demi peningkatan kompetensi guru PAI. Pertama, eksistensi Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam senantiasa dipertahankan dan ditingkatkan sebagai wadah pertemuan dan musyawarah guru utama pembiayaan dalam pelaksanaan program. Pengurus MGMP PAI senantiasa melakukan usaha-usaha efektif dalam melakukan kegiatan MGMP dalam peningkatan kompetensi guru. Kepala Sekolah senantiasa mendukung setiap program dan kegiatan MGMP PAI di Kota Palopo.

Hamzah - Personal Name
2X7
2X7
Text
PENDIDIKAN ISLAM
2012
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...