Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS: PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS AKHLAK SISWA SMP NEGERI 3 BUA KABUPATEN LUWU


Penulisan tesis ini dilakukan untuk memeroleh gambaran obyektif mengenai peranan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kualitas akhlak siswa SMP Negeri 3 Bua Kabupaten Luwu. Dikembangkan dalam tiga permasalahan pokok, yakni: peranan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kualitas akhlak siswa SMP Negeri 3 Bua Kabupaten Luwu, hambatan yang dihadapi oleh guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kualitas akhlak siswa SMP Negeri 3 Bua Kabupaten Luwu, dan upaya yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kualitas akhlak siswa SMP Negeri 3 Bua Kabupaten Luwu.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan filosofis dan pedagogik. Informan terdiri atas kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kualitas akhlak siswa di SMP Negeri 3 Bua Kabupaten Luwu telah mencapai hasil yang optimal. Kesimpulan ini didasarkan pada pengamatan melalui wawancara yang menyatakan kemampuan mengajar guru pendidikan agama Islam sudah bagus, mengajak siswa melakukan kegiatan terpuji, menghindarkan siswa dari hal-hal yang tercela, serta membentuk sikap keagamaan dengan pola pembinaan kehidupan beragama siswa. Keberhasilan tersebut didukung oleh beberapa faktor seperti keterlibatan guru sekolah, program-program sekolah, dan kemampuan kepala sekolah memberdayakan sumber daya yang ada di sekolah. Akan tetapi, di sisi lain terdapat beberapa hambatan yang berpengaruh, yaitu: minimnya tingkat pendidikan orang tua, dampak negatif dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya setiap malam menonton sinetron yang di dalamnya terdapat adegan-adegan porno, cara berpakaian seksi, kekerasan, dan percintaan.
Implikasi dari penelitian diharapkan peningkatan kualitas akhlak siswa menjadi perioritas sekolah, optimalisasi pembinaan yang intensif, kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru melakukan evaluasi yang berkesinambungan, sehingga kekurangan dan hambatan sebelumnya dapat ditingkatkan pada pembinaan akhlak berikutnya.


HAIRUDDIN - Personal Name
2X7
2X7
Text
PENDIDIKAN ISLAM
2012
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...