Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS: PERANAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA MADRASAH TSANAWIYAH BATUSITANDUK KABUPATEN LUWU


Tesis ini membahas tentang Peranan Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada MTs Batusitanduk Kabupaten Luwu, dengan tujuan untuk mengetahui: 1) gambaran Kepemimpinan Kepala MTs Batusitanduk; 2) upaya-upaya yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Batusitanduk dan; 3) kinerja Guru MTs Batusitanduk.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang berlokasi di MTs Batusitanduk Kab. Luwu dengan menggunakan pendekatan penelitian fenomenologi dan pendekatan keilmuan, yaitu pendekatan pedagogis, psikologis, dan teologis normatif serta pendekatan manajemen. Sumber data adalah guru, kepala madrasah, pegawai, siswa, Pengurus Komite MTs Batusitanduk, dan tokoh masyarakat setempat. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik analisis data yakni reduksi data, suplai data dan verifikasi data, sedangkan pengujian keabsahan data dilakukan dengan triangulasi dan perpanjangan pengamatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepemimpinan Kepala MTs Batusitanduk sejalan dengan konsep kepemimpinan dalam Islam dengan mengkombinasikan berbagai gaya kepemimpinan yaitu gaya kepemimpinan demokratis, delegatif, konsultatif dan kharismatik, dan sesuai standar kompetensi Kepala Madrasah sehingga sangat berperan dalam meningkatkan kinerja guru; 2) Upaya-upaya yang dilakukan Kepala Madrasah untuk meningkatkan kinerja guru MTs Batusitanduk adalah memotivasi dan memfasilitasi guru untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuannya melalui kegiatan diskusi, pendidikan, pelatihan dan kursus serta melalukan supervisi terhadap guru; 3) Kinerja Guru MTs Batusitanduk belum optimal tetapi berpeluang untuk meningkat karena dukungan kepemimpinan Kepala Madrasahnya saat ini.
Implikasi penelitian ini adalah: 1) Kepala madrasah hendaknya selalu tanggap terhadap situasi dan dinamika yang terjadi baik di lingkungan intern madrasah maupun di luar madrasah tersebut; 2) Upaya peningkatan kinerja guru, kepala madrasah hendaknya tidak hanya difokuskan pada pembenahan profesionalisme dan motivasi guru tetapi juga memperhatikan aspek lain seperti fasilitas pendidikan, lingkungan kerja, kesejahteraan, serta perlindungan hukum bagi guru; 3)_Kinerja Guru MTs Batusitanduk perlu terus ditingkatkan seiring upaya peningkatan kompetensi guru dan pengembangan kemampuan lainnya.


HAENUN - Personal Name
2X7
2X7
Text
PENDIDIKAN ISLAM
2012
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...