Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS: Pengaruh Kepemimpinan dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Dosen pada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Bagaimana kepemimpinan, iklim organisasi, dan kinerja dosen di STAIN Palopo, (2) Pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja dosen STAIN Palopo, (3) Pengaruh iklim organisasi terhadap kinerja dosen STAIN Palopo, (4) Pengaruh kepemimpinan dan iklim organisasi secara simultan terhadap kinerja dosen STAIN Palopo.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional dengan menggunakan analisis regresi linier berganda untuk melakukan analisis data. Uji t digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel bebas terhadap variabel terikat secara parsial, dan uji F digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel bebas terhadap variabel terikat secara simultan. Penulis menggunakan teknik analisa data korelasi product moment setelah diketahui nilai R squarenya (R²), kemudian ditetapkan koefisien determinasinya. Untuk mengolah data digunakan perangkat lunak Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 16.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) gaya kepemimpinan di STAIN Palopo cenderung pada kombinasi gaya partisipatif dan demokratis dengan indeks sebesar 43,76, variabel iklim organisasi dengan rata-rata indeks sebesar 41,89, sedangkan kinerja dosen memiliki rata-rata indeks 42,70; (2) kepemimpinan berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja dosen STAIN Palopo dengan nilai t hitung sebesar 4,141 > t tabel sebesar 1,671 pada tingkat signifikansi (Sig.) sebesar 0,03; (3) iklim organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja dosen STAIN Palopo dengan nilai t hitung sebesar 7,338 > t tabel sebesar 1,671 pada tingkat signifikansi sebesar 0,00; (4) kepemimpinan dan iklim organisasi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja dosen STAIN Palopo dengan nilai F hitung 119,486 > F tabel 3,17 pada tingkat signifikansi (Sig.) sebesar 0,000. Nilai koefisien Determinasi (R2) atau R Square adalah sebesar 0,824. Artinya, sebesar 0,824 kontribusi variabel kepemimpinan dan iklim organisasi memengaruhi variabel kinerja dosen. Dari analisis regresi linier berganda, variabel kepemimpinan dan iklim organisasi memiliki arah koefisien positif terhadap kinerja dosen. Koefisien kepemimpinan memberikan nilai sebesar 0,351 yang berarti jika kepemimpinan semakin baik dengan asumsi variabel lain tetap (konstan) maka kinerja dosen akan mengalami peningkatan. Sedangkan Variabel iklim organisasi memberikan nilai sebesar 0,622 yang berarti jika iklim organisasi semakin baik dengan asumsi variabel lain tetap (konstan) maka kinerja dosen akan mengalami peningkatan.
Implikasi penelitian ini adalah: pertama, kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap kinerja. Dengan demikian, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo khususnya dan lembaga pendidikan Islam pada umumnya harus mempertahankan dan bahkan meningkatkan kualitas kepemimpinannya. Kedua, iklim organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja dosen. Melihat kecenderungan ini, maka civitas akademika Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo khususnya atau lembaga pendidikan Islam pada umumnya harus menciptakan iklim organisasi yang kondusif sebagai perwujudan centre of excellence pilar peradaban umat manusia.

Hadi Pajarianto - Personal Name
2X7
2X7
Text
PENDIDIKAN ISLAM
2012
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...