Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS: PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH/MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTs ALKHAIRAAT SANDANA KABUPATEN TOLITOLI


Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan manajemen berbasis sekolah di MTs Alkhairaat Sandana Kabupaten Tolitoli. 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Alkhairaat Sandana Kabupaten Tolitoli. 3) Untuk mengetahui usaha-usaha yang dilakukan dalam mengatasi kendala pengelolaan manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Alkhairaat Sandanan Kabupaten Tolitoli.

Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif dengan mengacu pada analisis kualitatif, dengan menggunakan pendekatan yang dianggap relevan dengan variabel utama yang diteliti, yakni pendekatan pedagogis, dan pendekatan manajerial. Adapun informan yang dijadikan sebagai narasumber adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru-guru bidang studi, staf tata usaha, pembina ekstrakurikuler, pengurus komite, orang tua peserta didik, masyarakat, dan peserta didik itu sendiri. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data berupa triangulasi berbagai sumber, berbagai cara dan berbagai waktu.

Hasil penelitian tesis ini memberikan gambaran tentang bagaimana penerapan manajemen berbasis sekolah/madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Alkhairaat Sandana. Serta menguraikan faktor-faktor yang dapat memdukung dan menghambat penerapan manajemen berbasis sekolah/madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan MTs Alkhairaat Sandana. Dan mengungkapkan usaha-usaha yang dilakukan dalam mengatasi kendala pengelolaan penerapan manajemen berbasis sekolah/madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Alkhairaat Sandana.

Implikasi dari penelitian ini diharapkan: 1) Sebagai lembaga pendidikan yang berstatus swasta, tentunya banyak menemui kendala dan hambatan dalam menerapkan dan mengelola khususnya penerapan manajemen berbasis sekolah. Utamanya masalah fasilitas, sarana dan prasarana peranan kepala sekolah sangat menetukan dalam memperoleh dana yang secukupnya. 2) Begitu pula dalam proses pembelajaran utamanya dalam menggaji tenaga pendidik yang sebagian masih berstatus honor sehingga diperlukan tenaga pendidik yang bekerja dengan ikhlas serta berjiwa besar untuk mengajar dengan mengharapkan imbalan dari Allah swt. 3) Dianjurkan kepada pihak yayasan melakukan terobosan untuk memperoleh dana dengan cara mengajukan proposal baik dikalangan pemerintah setempat atau diluar, bahkan mengajukan perencanaan anggaran kepada masyarakat untuk meminta sumbangan dengan sukarela.

A Z I S - Personal Name
2X7
2X7
Text
PENDIDIKAN ISLAM
2012
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...