Detail Cantuman Kembali
TESIS: IMPLEMENTASI RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTsN 1 JENEPONTO
Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang telah disahkan oleh pemerintah
pada tanggal 15 juli 2013. Pemberlakuan Kurikulum 2013 merupakan komitmen
pemerintah dalam rangka usaha pelaksanaan Kurikulum 2013 yang diberlakukan
pada tahun ajaran 2013- 2014 pemerintah mendapatkan bantahan keras baik dari
pihak guru, sekolah, ,maupun pengamat pendidikan, berpijak dari itulah peneliti
melakukan penelitian di MTsN 1 Jeneponto dengan judul Implementasi Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Akidah
Akhlak.
Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bentuk motivasi
yang diberikan guru kepada peserta didik di dalam proses pembelajaran berbasis
kurikulum 2013 di MTsN 1 Jeneponto, (2) Untuk mengetahui interaksi guru dan
peserta didik dalam proses pembelajaran berbasis kurikulum 2013 di MTsN 1
Jeneponto, (3) Untuk mengetahui relevansi antara KI, KD, dan indikator dengan
tujuan pembelajaran dalam RPP guru akidah akhlak.
Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini menggunakan metodologi
penelitian kualitatif dengan mengambil latar guru akidah akhlak di MTsN Jeneponto.
Teknik pengumpulan data melalui : (1) observasi, (2) wawancara. (3) dokumentasi.
Selanjutnya analisa data dilakukan dengan : (1) Analisa selama pengumpulan data
yakni secara induktif dengan menggunakan analisa deskriptif, (2) teknik keabsahan
data dengan menggunakan triangulasi sumber data,
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Guru akidah akhlak MTsN 1
Jeneponto dalam proses pembelajaran berbasis kurikulum pada pemberian motivasi
dilatarbelakangi oleh 2 jenis motivasi yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik
(2) Berdasarkan instrumen supervisi pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 mata
pelajaran akidah akhlak di MTsN 1 Jeneponto bahwa interaksi guru terhadap peserta
didik mempengaruhi minat dan bakat peserta didik dalam proses pembelajaran. Hal
ini sejalan dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah dijadikan
sebagai pedoman pembelajaran, (3) Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di
MTsN 1 Jeneponto terkait relevansi KI, KD, dan indicator dengan tujuan
pembelajaran bahwa terdapat relevansi antara KI, KD, dan indikator dengan tujuan
pembelajaran.
MUHAMMAD ABRAR IRFAN - Personal Name
371
371
Text
Indonesia
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
2020
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...