Detail Cantuman Kembali
TESIS: PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR HANDOUT DAN BUKU TEKS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 BAROMBONG
Tesis ini membahas tentang pengaruh penggunaan bahan ajar handout
terhadap motivasi belajar peserta didik di SMP Negeri 2 Barombong yang bertujuan
untuk: (1) mendeskripsikan pengaruh penggunaan bahan ajar handout pada
pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Barombong (2)
mendeskripsikan pengaruh penggunaan buku teks pada pembelajaran Pendidikan
Agama Islam di SMP Negeri 2 Barombong (3) menganalisis motivasi belajar peserta
didik yang diajar menggunakan handout dan buku teks pada pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Barombong (4) menguji perbedaan
pengaruh motivasi belajar peserta didik yang menggunakan bahan ajar handout
dengan menggunakan buku teks pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP
Negeri 2 Barombong.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan bentuk eksperimen
nonequivalent control group design, menggunakan pendekatan metodologi yakni
kuantitatif dan pendekatan keilmuwan berupa pedagogik. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh peserta didik di SMP Negeri 2 Barombong, sedangkan sampel
dalam penelitian ini berjumlah 64 orang dengan teknik proportionate stratified
random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data
adalah angket, observasi dan dokumentasi yang dianalisis dengan menggunakan
statistik deskriktif dan statistik inferensial.
Penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan pengelohan data statistik
deskriptif dan analisis inferensial maka diperoleh hasil penelitian bahwa: (1) Nilai
rata-rata yang diperoleh dalam penggunaan bahan ajar handout pada pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 2 Barombong berada pada
kategori tinggi dengan persentase 77,84 %. (2) Nilai rata-rata yang diperoleh
penggunaan buku pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP
Negeri 2 Barombong sebesar 54.65 % berada pada kategori rendah (3) Motivasi
belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas
eksperimen nilai rata-rata pretest peserta didik berada pada kategori sedang dengan
persentase 62,5 % dan nilai rata-rata posttest peserta didik berada pada kategori tinggi
dengan persentase 81,25 %. Sedangkan Motivasi belajar peserta didik pada
pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas kontrol nilai rata-rata pretest
peserta didik berada pada kategori rendah dengan persentase 56,2 % dan nilai ratarata posttest peserta didik berada pada kategori sedang dengan persentase 71,87 %.
(4) Terdapat perbedaan pengaruh penggunaan bahan ajar handout dan buku teks
NUR AISYAH - Personal Name
371
371
Text
Indonesia
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
2022
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...