Detail Cantuman Kembali

XML

DISERTASI:PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN HYPNOHAPPY PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI MAN 2 BARRU


Pokok masalah yang dibahas adalah “bagaimana pengembangan model
pembelajaran berbasis neurosains pada mata pelajaran biologi di MAN 2 Barru”.
Rumusan masalah penelitian yaitu (1) bagaimana langkah-langkah pengembangan
model pembelajaran hypnohappy pada mata pelajaran biologi, (2) Bagaimana
tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan model pembelajaran hypnohappy
pada mata pelajaran biologi di MAN 2 Barru.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan
model pengembangan four D yang terdiri atas empat tahap yaitu pendefinisian
(define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran
(disseminate). Model pembelajaran yang dikembangkan adalah model
pembelajaran yang berbasis neurosains yaitu model hypnohappy. Perangkat
pembelajaran yang dikembangkan berupa buku model, buku penggalan silabus
dan RPP, buku guru, buku siswa dan LKPD. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah: (1) Lembar Kuisioner Respon Guru Terhadap Pembelajaran
Biologi saat ini, (2) Lembar Kuisioner Respon Siswa Terhadap Pelaksanaan
Model Pembelajaran Biologi saat ini, (3) Lembar Instrumen Tes Modalitas VAK,
(4) Lembar Observasi Pengamatan Soft Skill, (5) Lembar Penilaian Buku Model
Hypnohappy, (6) Lembar Penilaian Silabus, RPP, dan LKPD Model Hypnohappy,
(7) Lembar Penilaian Buku Guru Model Hypnohappy, (8) Lembar Penilaian Buku
Siswa Model Hypnohappy, (9) Lembar Penilaian LKPD Model Hypnohappy, (10)
Lembar Observasi Keterlaksanaan Pembelajaran (Aktivitas Guru) dengan Model
Hypnohappy, (11) Lembar Observasi Kemampuan Guru Mengelola Pembelajaran
pada Model Hypnohappy, (12) Lembar Angket Respon Guru Terhadap Model
Hypnohappy, (13) Lembar Observasi Keterlaksanaan Pembelajaran (Aktivitas
siswa) dengan Model Hypnohappy, (14) Lembar Angket Respon Siswa Terhadap
Model Hypnohappy, (15) Lembar Pre Tes dan Post Tes pada Tes Hasil Belajar.
Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis hasil validitas untuk buku
model sebesar 3.90 dan termasuk kategori valid dengan nilai R= 0.9583
(reliabilitas tinggi); untuk buku penggalan silabus sebesar 3.6166 dan termasuk
kategori valid dengan nilai R= 0.9583 (reliabilitas tinggi); untuk buku guru
sebesar 4.08 dan termasuk kategori sangat valid dengan nilai R= 0.9939
(reliabilitas tinggi); untuk buku siswa sebesar 3.70 dan termasuk kategori valid
dengan nilai R= 0.9708 (reliabilitas tinggi); untuk LKPD sebesar 3.67 dan
termasuk kategori valid dengan nilai R= 0.9573 (reliabilitas tinggi). Kepraktisan
bahan ajar dianalisis berdasarkan (1) lembar observasi keterlaksanaan model
pembelajaran, (2) lembar observasi kemampuan guru melaksanakan model
pembelajaran, (3) lembar angket respon guru terhadap model dan perangkat pembelajaran hypnohappy, (4) lembar angket respon siswa terhadap model dan
perangkat pembelajaran hypnohappy. Berdasarkan lembar observasi
keterlaksanaan model pembelajaran diperoleh hasil 3,57 yang berarti bahwa
sintaks dalam model pembelajaran hypnohappy dapat terlaksana seluruhnya;
berdasarkan lembar observasi kemampuan guru melaksanakan model
pembelajaran diperoleh hasil 3,32 yang berarti terlaksana seluruhnya dan berada
pada kategori baik; berdasarkan lembar angket respon guru terhadap model dan
perangkat pembelajaran diperoleh hasil 3,56 yang berarti bahwa respon guru
terhadap model dan perangkat pembelajaran hypnohappy adalah mudah
diterapkan; berdasarkan lembar angket respon siswa terhadap model dan
perangkat pembelajaran hypnohappy diperoleh hasil 3,65 yang berarti respon
siswa terhadap model dan perangkat pembelajaran hypnohappy adalah mudah
dipahami. Keefektifan model pembelajaran dianalisis berdasarkan tes hasil belajar
dan lembar pengamatan soft skill siswa. Berdasarkan tes hasil belajar diperoleh
hasil 30,50 untuk kelompok eksperimen dan 10,50 untuk kelompok kontrol yang
berarti bahwa model hypnohappy efektif meningkatkan hasil belajar siswa;
berdasarkan pengamatan soft skill siswa diperoleh nilai 27,10 untuk kelompok
eksperimen dan 13,90 untuk kelompok kontrol yang berarti bahwa model
hypnohappy efektif meningkatkan soft skill siswa. Dengan demikian perangkat
pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, efektif dan
praktis.
Secara teoritis penelitian ini berimplikasi pada penelitian selanjutnya
untuk menelaah lebih dalam dan luas, dan untuk praktisi menjadi bahan
memperbaiki kinerjanya sehingga pembelajaran biologi lebih efektif dan efesien.
FITRIWATI SYAMSUDDIN - Personal Name
371.3
371.3
Text
PENDIDIKAN DAN KEGURUAN
2022
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...