Detail Cantuman Kembali
TESIS: STRATEGI PEMBELAJARAN GURU AL-QUR’AN HADIS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI MAN 1 MAKASSAR
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk, (1) mendeskripsikan gambaran
kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik di MAN 1 Makassar, (2)
mendeskripsikan strategi pembelajaran guru al-Qur’an hadis dalam meningkatkan
kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik di MAN 1 Makassar, (3)
mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi
pembelajaran guru al-Qur’an hadis.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dengan
pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dari pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemerikasaan
keabsahan data mengunakan metode triangulasi
Hasil penelitian ini menunjukkan, (1) Kemampuan membaca al-Qur’an
peserta didik di MAN 1 Makassar memang terbilang agak rendah. Masih banyak
peserta didik yang kesulitan membaca al-Qur’an, terbata-bata dalam membaca alQur’an dan masih keliru dalam penyebutan hurufnya ataupun dalam hukumhukum bacaannya. (2) Strategi yang guru gunakan dalam usaha peningkatakan
kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik yakni guru mengadakan pelajaran
tambahan diluar jam sekolah, dimulai jam 2 sampai jam 3 sore. Metode yang
digunakan dalam belajar tambahan ini yaitu, metode iqro, metode wafa, dan
metode pembiasaan. Metode wafa sendiri terdiri dari dua tahap, yaitu baca tiru
dan baca simak. Adapun Hasil belajar al-Qur’an peserta didik selama mengikuti
pembelajaran dengan berbagai metode terbilang cukup baik. Peserta didik
menunjukkan ada perkembangan terhadap bacaan al-Qur’annya, yang sebelumnya
kurang baik dan setelah mengikuti belajar tambahan bacaan al-Qur’annya sudah
cukup baik. (3) faktor pendukung dalam penerapan strategi ini adalah gurunya
yang memiliki kompetensi yang baik dan sarana prasarana yang memadai.
Sedangkan yang menjadi penghambat adalah alokasi waktu yang kurang,
kurangnya motivasi peserta didik, dan ekonomi peserta didik yang terbilang
rendah.
Adapun berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan
sebagai guru kita tetap harus semangat dalam mendidik. Guru tidak boleh
menyerah dan tidak boleh jatuh semangat dalam menghadapi berbagai masalah,
karena gurulah pilar dalam sebuah pendidikan. Seorang guru haruslah berusaha
memaksimalkan pembelajaran untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dan
agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.
Kata Kunci: Kemampuan Peserta Didik, Strategi Guru Al-Qur’an Hadis
MUH.RAHMAT AL HIDAYAT - Personal Name
2X7.3
2X7.3
Text
Indonesia
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
2022
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...