Detail Cantuman Kembali
DISERTASI: PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DITINJAU DARI ASPEK METODOLOGIS DAN PSIKOLOGIS PADA UNIT PELAKSANA TUGAS SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA PALOPO
Disertasi ini bertujuan untuk mengkaji, yaitu: (1) Pembelajaran bahasa
Arab ditinjau dari aspek metodologis dan psikologis pada UPT SMA di kota
Palopo (2) Kendala pembelajaran bahasa Arab ditinjau dari aspek metodologis
dan aspek psikologis pada UPT SMA di Kota Palopo (3) Hasil proses
pembelajaran bahasa Arab pada UPT SMA di Kota Palopo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
kualitatif untuk mengungkap makna yang ada di balik fenomena pembelajaran
bahasa Arab pada UPT SMA di Kota Palopo. Metode pengumpulan data melalui
observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian yang digunakan yaitu
kepala UPT SMA di kota Palopo, guru bahasa Arab dan siswa-siswi pada UPT
SMA di Kota Palopo. Data kemudian dianalisis secara kualitatif dengan
menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran bahasa Arab
ditinjau dari aspek metodologis dan psikologis pada UPT SMA di Kota Palopo
meliputi 3 proses yaitu: (a) Proses perencanaan pembelajaran bahasa Arab pada
UPT SMA di kota Palopo meliputi penyusunan silabus dan RPP yang akan
digunakan; (b) Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab pada UPT SMA di kota
Palopo meliputi penjabaran silabus dan RPP yaitu tujuan pembelajaran, materi
pembelajaran, metode pembelajaran, media dan gradasi pembelajaran. (c)
Evaluasi yaitu meliputi evaluasi terhadap siswa berupa ujian semester, mid
semester, dan tugas. Sedangkan evaluasi terhadap guru bahasa Arab dilakukan di
awal tahun ajaran baru lewat MGMP, KKG, dan supervisi. (2) Kendala
pembelajaran bahasa Arab pada UPT SMA di kota Palopo ditinjau dari (a) aspek
metodologis yang meliputi metode pembelajaran yang digunakan tidak sesuai
dengan tujuan pembelajaran yang dirumuskan pada silabus dan RPP, tidak adanya
sistem gradasi yang ditetapkan guru, sarana dan prasarana pembelajaran bahasa
Arab yang kurang, penggunaan metode pembelajaran yang monoton, dan
kompetensi guru bahasa Arab yang kurang memadai; (b) Aspek psikologis yaitu
kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran bahasa Arab, kurangnya
percaya diri siswa dalam menggunakan bahasa Arab dan banyaknya siswa yang
bukan alumni pesantren dan belum mempelajari bahasa Arab sebelumnya. (3)
Hasil proses pembelajaran bahasa Arab pada UPT SMA di kota Palopo ditinjau
dari 3 aspek yaitu; (a) Aspek Kognitif yaitu nilai bahasa Arab siswa di UPT SMA
Kota Palopo masih tergolong rendah dan setiap semester mengalami fluktuasi. (b)
Aspek afektif yaitu siswa pada UPT SMA di kota Palopo memiliki kesadaran
yang rendah akan pentingnya bahasa Arab di masa mendatang, sehingga
kedisplinan belajar bahasa Arab masih kurang. (c) Aspek Psikomotorik yaitu
keterampilan berbahasa Arab siswa pada UPT SMA di kota Palopo tergolong rendah, yaitu kurang percaya diri dalam mengunakan bahasa Arab.
Secara teoritis, penelitian ini berimplikasi pada peningkatan minat dan
hasil belajar bahasa Arab dengan mengoptimalkan sistem pembelajaran.
Penelitian ini juga berimplikasi pada penolakan terhadap persepsi yang
menyatakan bahwa pembelajaran bahasa Arab sudah cukup memadai dilakukan
hanya dengan jam mata pelajaran yang terbatas. Selain itu, hasil penelitian ini juga
memberikan solusi dalam meningkatkan hasil pembelajaran bahasa Arab yang
maksimal.
Kata Kunci : Pembelajaran Bahasa Arab, Aspek Metodologis, Aspek Psikologis
Naidin Syamsuddin - Personal Name
2X7.3
2X7.3
Text
Indonesia
PENDIDIKAN BAHASA ARAB
2022
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...