Detail Cantuman Kembali

XML

Tesis : PENGARUH PENGGUNAAN METODE MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH AISYIYIAH SUNGGUMINASA


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan metode Make A Match, motivasi belajar bahasa Arab, hasil belajar bahasa Arab, pengaruh penggunaan metode Make A Match tehadap motivasi belajar bahasa Arab dan pengaruh penggunaan metode Make A Match terhadap hasil belajar bahasa Arab kelas VII Madrasah Tsanawiyah Aisyiyiah Sungguminasa.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner, dokumentasi dan wawancara. Kuesioner yakni peneliti menggunakan angket untuk memperoleh data yang akurat terkait metode Make A Match, motivasi dan hasil belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Aisyiyiah Sungguminasa. Dokumentasi yakni data yang berbentuk dokumen dari lokasi yang diteliti sebagai bentuk data sekunder. Wawancara yakni Peneliti menggunakan wawancara tidak terstruktur hanya untuk variabel motivasi dan hasil belajar siswa (Y), hal ini dilakukan untuk memperkuat data yang diperoleh di lapangan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, penggunaan metode Make A Match pada pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Aisyiyiah Sungguminasa tergolong kategori tinggi, yaitu sebesar 50 %. Kedua, motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Aisyiyiah Sungguminasa dengan menggunakan metode Make A Match tergolong kategori sangat tinggi, yaitu 42,1 %. Ketiga, Hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Aisyiyiah Sungguminasa dengan menggunakan metode Make A Match tergolong kategori tinggi, yaitu sebesar 42,1%. Keempat, berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan program SPSS pada tabel 4.9, diperoleh nilai probabilitas Sig. sebesar 0,029
MUH YUSRI - Personal Name
370
370
Text
2021
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...