Detail Cantuman Kembali

XML

Disertasi: STRATEGI PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBAHASA ARAB PADA PROGRAM PERSIAPAN BAHASA SEKOLAH TINGGI ILMU ISLAM DAN BAHASA ARAB (STIBA) MAKASSAR


Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan dan menganalisis tujuan pembelajaran keterampilan berbahasa Arab pada Program Persiapan Bahasa Sekolah Tinggi Ilmu Islm dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar, 2) mendeskripsikan dan menganalisis pendekatan pembelajaran keterampilan berbahasa Arab pada Program Persiapan Bahasa STIBA Makassar, 3) mendeskripsikan dan menganalisis prosedur, metode dan teknik pembelajaran keterampilan berbahasa Arab pada Program Persiapan Bahasa STIBA Makassar dan 4) mendeskripsikan dan menganalisis evaluasi hasil pembelajaran keterampilan berbahasa Arab pada Program Persiapan Bahasa STIBA Makassar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan) yang dilakukan di kampus Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar pada Program Persiapan Bahasa. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis kualitatif deskriptif yang dipadukan dengan analisis kuantitatif prosentase. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologi interpretasi dengan pendekatan kajian lingusitik terapan dan paedagogik (ilmu pendidikan).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran keterampilan berbahasa Arab di Program Persiapan Bahasa STIBA Makassar, meliputi: 1) tujuan pembelajaran keterampilan berbahasa berdasarkan tujuan institusional, kurikuler dan instruksional secara umum adalah memberikan kemampuan bagi peserta didik dalam menguasai empat keterampilan berbahasa Arab, yaitu keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis sebagai bahasa komunikasi dan bahasa agama. Tujuan ini diimplementasikan dengan menjadikan Bahasa Arab sebagai bahasa sehari-hari, seluruh buku ajar didesain berbahasa Arab dan pengajaran al-maha>ra>t al-lugawiyyah, nahwu-saraf dan ilmu-ilmu keislaman berorientasi kepada penguasaan empat keterampilan berbahasa; (2) pendekatan pembelajaran menggunakan pendekatan komunikatif, behavioristik dan aural-oral berdasarkan pada teori lingkungan (sociocultural theory), yaitu menjadikan lingkungan kelas, kampus dan asrama sebagai basis kewajiban berbahasa Arab baik mahasiswa maupun dosen; (3) prosedur pembelajaran menggunakan metode Herbert (strategi ekspository) dengan menerapkan metode al-t}ari>qah al-muba>syarah, al-sam’iyyah al-syafawiyyah dan al-ittis}a>liyyah al-tawa>s}uliyyah; dan teknik pembelajaran menggunakan teknik istiqra>’iy, yaitu qira>’ah dan syarh} al-nas}s}}, al-istinta>j, dan al-isti>’a>b; dan tiga teknik latihan al-anma>t}, al-ma’na>; dan al-ittisa>liyyah. Berdasarkan prosedur, metode dan teknik yang digunakan, maka ditemukan bahwa Program Persiapan Bahasa menggunakan teori moderasi (naz}ariyyah wasat}iyyah), yaitu kolaboratif teori al-wih}dah dan teori al-furu>’ yang berdasar pada teori lingkungan dan direct method; dan (4) evaluasi pembelajaran yang digunakan, yaitu a) jenis evaluasi berupa placement,
xvii
formatif dan sumatif test; b) jenis instrument berupa tes lisan dan tulisan; dan c) kriteria penilaian, yaitu kemampuan berbahasa Arab baik secara lisan atau pun tulisan, dan d) Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pembelajaran empat keterampilan berbahasa Arab di Program Persiapan Bahasa STIBA Makassar di empat kelas dengan jumlah mahasiswa sebanyak 90 orang adalah bahwa mahasiswa yang mencapai nilai A (Istimewa) sebanyak 43 orang dengan prosentase 48%, mahasiswa yang mencapai nilai B (Sangat Baik) sebanyak 25 orang dengan prosentase 28%, dan mahasiswa yang mencapai nilai C (Baik) sebanyak 22 orang dengan prosentase 24%.
Implikasi dari penelitian ini: 1) implementasi strategi pembelajaran yang tertuang dalam empat konsep strategi, yaitu penetapan tujuan, pendekatan, prosedur, metode dan teknik serta evaluasi pembelajaran yang tepat memberikan pengaruh yang positif dalam pembelajaran keterampilan berbahasa Arab bagi mahasiswa di Program Persiapan Bahasa STIBA Makassar secar khusus dan lembaga-lembaga pendidikan bahasa Arab secara umum, 2) pemanfaatan lingkungan (sosiocultural theory) dengan metode langsung (direct method) didukung buku ajar yang representatif, tenaga pengajar yang berkompeten dan durasi waktu pembelajaran yang intensif dalam pembelajaran keterampilan berbahasa Arab memberikan dampak yang positif bagi mahasiswa di Program Persiapan Bahasa STIBA Makassar secara khusus dan lembaga-lembaga pendidikan bahasa Arab secara umum, 3) implementasi al-naz}ariyyah al-indima>jiyyah/teori gabungan (kolaboratif teori al-wih}dah dan teori al-furu>’ ) memberikan dampak yang signifikan dalam pembelajaran keterampilan berbahasa Arab bagi mahasiswa di Program Persiapan Bahasa STIBA Makassar; dan 4) perlunya pemanfaatan laboratorium bahasa, penyiapan catatan monitoring evaluasi perkembangan bahasa mahasiswa, pengkajian telaah kitab gundul dalam mata kuliah tersendiri dan pengadaan buku ajar yang indefenden pada Program Persiapan Bahasa STIBA Makassar.
RONNY MAHMUDDIN - Personal Name
370
370
Text
2021
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...