Detail Cantuman Kembali

XML

Tesis : PENGARUH PENGHARGAAN DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SD NEGERI AROEPPALA MAKASSAR


Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan gambaran
penghargaan kepala sekolah di SD Negeri Aroeppala Makassar. (2) mendeskripsikan
gambaran kepemimpinan kepala sekolah di SD Negeri Aroeppala Makassar (3)
mendeskripsikan gambaran kinerja guru di SD Negeri Aroeppala Makassar. (4)
mendeskripsikan pengaruh penghargaan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SD
Negeri Aroeppala Makassar (5) mendeskripsikan pengaruh kepemimpinan kepala
sekolah terhadap kinerja guru di SD Negeri Aroeppala Makassar. (6)
mendeskripsikan pengaruh secara bersama-sama penghargaan dan kepemimpinan
kepala sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru di SD Negeri Aroepala Makassar.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eks post
faktor yaitu mencari hubungan sebab akibat yang tidak dimanipulasi atau diberi
perlakuan oleh peneliti. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan historis dan
positivistik. Populasi pada penelitian ini adalah 20 orang yang terdiri dari 1 orang
kepala sekolah dan 19 guru di SD Negeri Aroeppala Makassar dan sampel yang
diambil adalah 20 orang dengan menggunakan sample jenuh. Instrumen yang
digunakan adalah wawancara dan angket dengan teknik analisis statistic deskriptif
kuantitatif, dan teknik analisis statistic inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Penghargaan kepala sekolahSD
Negeri Aroeppala Makassar, termasuk dalam kategori sangat baik; (2)
Kepemimpinan kepala sekolah SD Negeri Aroeppala Makassar, termasuk dalam
kategori sangat baik; (3) Kinerja Guru di SD Negeri Aroeppala Makassar, termasuk
dalam kategori sangat baik; (4) Terdapat pengaruh positif penghargaan kepala
sekolah terhadap kinerja guru sebesar 0,739; (5) Terdapat pengaruh positif
kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja gurusebesar 0,936; dan (6) Terdapat
pengaruh positif penghargaan dan kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh
terhadap kinerja guru di SD Negeri Aroepala Makassar sebesar 0,937. Model
persamaan regresi berganda untuk memperkirakan kinerja Guru yang dipengaruhi
oleh penghargaan dan kepemimpinan kepala sekolah adalah = -52,644 + 1,662X1+
0,274X2.
Implikasi dari penelitian iniadalah, perlu senantiasa diupayakan peningkatan
penghargaan dan kepemimpinan kepala sekolah karena kedua hal tersebut cukup
berpengaruh terhadap kinerja guru. Pimpinan sekolah sebaiknya melaksanakan
tugasnya secara transparan penuh tanggungjawab, semua kebijakan yang diambil
harus transparan kepada bawahannya. Hendaknya kepala sekolah senantiasa
bermusyawarah dengan bawahanya setiap sekali sebulan melakukan evaluasi.Untuk
mengatasi factor penghambat terhadap penyelenggaraan pendidikan, khususnya
keberhasilan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di harapkan kesatuan
langkah dan kebersamaan tujuan semua komponen sekolah baik kepala sekolah, guru,
peserta didik, dan orang tua serta masyarakat sekitar untuk bersama-sama
melaksanakan visi dan misi di SD Negeri Aroepala Makassar. Hal-hal yang bias
dilakukan untuk menumbuhkan serta meningkatkan kinerja guru adalah kesadaran
guru itu sendiri, memperbaiki kinerja guru dengan pelatihan-pelatihan yang diadakan
sekolah atau pengembangan sumber daya guru, peningkatan kedisiplinan guru, serta
peran kepala sekolah itu sendiri. Dengan meningkatkan penghargaan dan
kepemimpinan kepala sekolah, maka akan meghasilkan kinerja guru yang baik
KASMIN - Personal Name
370
370
Text
2020
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...