Detail Cantuman Kembali

XML

Tesis ; MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI SMK YP-PGRI I MAKASSAR


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menjelaskan gambaran manajemen kepemimpinan
Kepala Sekolah dalam meningkatkan kecerdasan spiritual Peserta Didik di SMK
YP-PGRI I Makassar; dan 2) menjelaskan dampak manajemen kepemimpinan Kepala
Sekolah dalam meningkatkan kecerdasan spiritual Peserta Didik di SMK YP-PGRI I
Makassar.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian lapangan ini adalah kualitatif,
dengan pendekatan keilmuan adalah pedagogis, sosiologis, psikologis, dan manajerial.
Adapun pendekatan metodologi yang digunakan adalah fenomenologis. Untuk
mendapatkan data yang otoritatif, maka sumber data penelitian ini adalah Kepala
Sekolah, Tenaga Pendidik, dan Peserta Didik. Sedangkan metode pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti
menggunakan instrumen penelitian berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, dan
check list dokumentasi. Adapun teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data,
penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Gambaran manajemen kepemimpinan
Kepala Sekolah dalam meningkatkan kecerdasan spiritual Peserta Didik di SMK YPPGRI
I Makassar. a) Perencanaan (Planning). Perencanaan program-program
pembelajaran sekolah melalui penjadwalan yang terstruktur oleh Wakasek Kurikulum
dengan adanya keterlibatan Kepala Sekolah dan Tenaga Pendidik dalam perencanaan
program-program kegiatan spiritual (pengajian rutin dan salat dzuhur berjamaah) yang
dipadukan pada jadwal rombel mata pelajaran; b) Pengorganisasian (Organizing). Kepala
Sekolah SMK YP-PGRI I Makassar berupaya melakukan pengorganisasian Tenaga
Pendidik dan kependidikan melalui pembagian tugas kepada masing-masing Tenaga
Pendidik dan tenaga kependidikan yaitu pembagian SK tugas serta dapat bekerja sesuai
job description-nya. Pembagian kelompok belajar Peserta Didik dalam melaksanakan
kegiatan spiritual berdasarkan jurusan dan tingkat kelasnya serta dipisahkan antara lakilaki
dan perempuan; c) Pengarahan (Directing). Upaya pengarahan yang dilakukan
Kepala Sekolah melalui manajemen kepemimpinannya dengan langkah-langkah
memberikan pelatihan-pelatihan atau pembinaan kepada Tenaga Pendidik dan Tenaga
Kependidikan untuk melaksanakan tugasnya secara efektif dan efisien. Kepala Sekolah
juga memberikan pembinaan secara langsung kepada Peserta Didik dalam upaya
memahami pembelajaran melalui kegiatan pengajian rutin, sehingga pemahaman Peserta
Didik tersebut dapat diimplementasikan dalam kehidupannya secara terus-menerus;
d) Pengawasan (Controlling) Kepala Sekolah sebagai pemimpin sekolah berupaya
melakukan pengawasan terhadap keberlangsungan kegiatan pembelajaran di sekolah
khususnya kegiatan spiritual (pengajian rutin dan salat dzuhur berjamaah) sehingga
xviii
kegiatan-kegiatan dapat berlangsung dengan tertib dan dapat berlangsung secara efektif
dan efisien. Secara umum peneliti menyimpulkan bahwa kemampuan Kepala Sekolah
sebagai pemimpin dalam memahami manajemen kepemimpinan dapat dikategorikan
cukup baik. Sebab, yang demikian itu dapat terlihat pada pencapaian proses pembelajaran
yang efektif dan efisien yaitu upaya pencapaian meningkatkan kecerdasan spiritual
Peserta Didik SMK YP-PGRI I Makassar. Kegiatan peningkatan kecerdasan spiritual
Peserta Didik yang diupayakan Kepala Sekolah melalui manajemen kepemimpinannya
agar Peserta Didik senantiasa beribadah kepada Allah swt. melaui penanaman aqidah
(memahami tauhid, melaksanakan salat wajib, salat sunnah, mengeluarkan zakat,
sedekah, dan dan lain-lain) dan akhlak (akhlak mahmudah yaitu penerapan nilai
kejujuran, kesopanan, kedisiplinan, malu akan perbuatan buruk, sosial, keramahan, sabar
dan saling menghargai) melalui pengajian rutin dan salat dzuhur berjamaah sehingga
Peserta Didik mampu mengimplementasikan akhlak-akhlak tersebut secara terusmenerus
dengan efektif dan efisien. Dengan demikian, maka peneliti mengemukakan
bahwa untuk dapat meningkatkan kecerdasan spiritual Peserta Didik yang efektif dan
efisien maka diperlukan keseriusan dengan integritas yang tinggi antara Kepala Sekolah
dan Tenaga Pendidik dalam menerapkan fungsi-fungsi manajemen. 2) Dampak
manajemen kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kecerdasan spiritual
Peserta Didik di SMK YP-PGRI I Makassar; a) Kepala Sekolah mampu me-manage
sekolah secara efektif dan efisien kegiatan spiritual Peserta Didik (pengajian rutin dan
salat dzuhur berjamaah). Sehingga mampu memahami dan mengaplikasikan nilai-nilai
aqidah dan akhlak yaitu beribadah kepada Allah swt., berlaku jujur, sopan terhadap orang
lebih tua, disiplin, memiliki nilai sosial, ramah dan saling menghargai; b) Menerapkan
fungsi-fungsi manajemen yang efektif dan efisien sehingga Kepala Sekolah mampu
menjadikan SMK YP-PGRI I Makassar dapat bersaing dengan sekolah-sekolah swasta
lainnya. Sebab, dengan melalui manajemen kepemimpinan yang tepat oleh Kepala
Sekolah mampu meningkatkan kecerdasan spiritual Peserta Didik melalui pengajian rutin
(penanaman nilai aqidah dan akhlak) dan salat dzuhur berjamaah. Sehingga Kepala
Sekolah mampu mencetak generasi yang berkualitas dengan tingkat spiritual yang cukup
baik berdasarkan kebutuhan stokehorlder .
Penelitian ini memberikan implikasi bahwa Kepala Sekolah yang diberikan
mandat oleh Ketua Yayasan untuk menjadi pemimpin di sekolah, sebaiknya Kepala
Sekolah meningkatkan manajemen kepemimpinannya dan melaksanakan tugas yaitu
melakukan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan dengan penuh
tanggung jawab, semua kebijakan yang diambil harus transparan, kepada pihak Yayasan
dan bawahannya agar segala kegiatan di sekolah bisa berjalan secara lebih efektif dan
efisien. Hendaknya Kepala Sekolah melakukan musyawarah dengan bawahannya setiap
sekali sebulan melakukan evaluasi untuk menemukan kendala yang dihadapi selama
proses pembelajaran di SMK YP-PGRI I Makassar dengan tetap melakukan koordinasi
dengan Tenaga Pendidik secara berkelanjutan sehingga dapat mencetak generasi yang
lebih berkualitas baik dari segi ilmu dunia maupun dari segi spiritualnya.
Kata Kunci: Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kecerdasan Spiritual
Peserta Didik.
HERMANSYAH - Personal Name
303.34
303.34
Text
2021
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...