Detail Cantuman Kembali

XML

Tesis : KONVERGENSI AL-QUR’AN DAN TEORI PENDIDIKAN (IMPLEMENTASI QS AL-‘AS}R DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SD ISLAM AL-AZHAR 34 MAKASSAR)


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan konvergensi antara al-Qur’an dan teori pendidikan, dengan mengkaji bagaimana implementasi pesan pedagogis QS. al-‘As}r dalam proses pembelajaran di SDI Al Azhar 34 Makassar. Dari pokok masalah itu kemudian diklasifikasi menjadi beberapa submasalah, yaitu: 1) Bagaimana konvergensi kandungan QS. al-‘As}r dengan teori pendidikan? 2) Bagaimana model pembelajaran di SDI Al Azhar 34 Makassar tentang kandungan QS al-‘As}r? 3) Bagaimana Upaya yang dilakukan pendidik dalam mengimplementasikan QS al-’As}r dalam proses pembelajaran di SDI Al Azhar 34 Makassar? 4) Apa Faktor pendukung dan penghambat mengimplementasikan QS al-’As}r dalam proses pembelajaran di SDI Al Azhar 34 Makassar?
Jenis penelitian adalah kualitatif, termasuk dalam kategori penelitian lapangan, dengan menggunakan pendekatan: tafsir, pedagogis, antropologis dan historis, metode yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya yaitu wawancara kepada tenaga pendidik dan kependidikan serta orang tua murid di SDI Al Azhar 34 Makassar, interaksi yang mengalir secara natural yang terjalin disaat wawancara, dapat memberikan data dan fakta yang otentik dan inklusif. Untuk memperkaya hasil penelitian ini peneliti juga mengambil rujukan dari arsip data sekolah dan sumber kepustakaan yang relevan, baik berupa kitab tafsir klasik dan modern maupun karya ilmiah yang kredibel dan telah diterbitkan.
Dalam teori pendidikan umum ada tiga aspek utama yang menjadi dasar dalam perkembangan pendidikan dan pembelajaran pada seseorang yakni: kognitif (pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis dan evaluasi), afektif (perasaan, emosi) dan psikomotorik (kesiapan, gerakan terbimbing, gerakan terbiasa, penyesuaian pola gerakan dan kreativitas), ketiga unsur utama teori pendidikan itu secara praktis digambarkan dalam nilai-nilai yang terkandung dalam QS. al-‘As}r yakni pertama nilai keimanan termasuk pada ranah kognitif yang berkaitan dengan pengetahuan, pemahaman, penerapan, kedua nilai amal saleh, perintah untuk beramal saleh yang mengacu pada gerak dan aktivitas tubuh dan keterampilan melatih psikomotorik, ketiga nilai kepedulian sosial yakni saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran termasuk dalam ranah afektif dengan mengacu pada unsur-unsur yang ada di dalamnya yaitu, perasaan, emosi yang menuju pada penerimaan, partisipasi penentuan sikap dan pembentukan pola hidup.
Indikator implementasi QS. al-‘As}r di SD Islam Al Azhar 34 Makassar, dilihat berdasarkan penerapan nilai yang terkandung dalam surah al-‘As}r yang bermanfaat membentuk aspek afektif, kognitif dan psikomotorik, diantaranya: a) Briefing pagi oleh tenaga pendidik (aspek afektif, kedisiplinan terhadap waktu;
xvi
b) Duty pagi menyambut kedatangan siswa disertai tegur sapa, mengucapkan salam dan mencium tangan guru menanamkan adab yang baik (nilai saling menasehati dalam kebaikan); c) Salat duha bersama di kelas (aspek kognitif pemahaman tentang sunnah Nabi dan amal saleh); d) Tadarus bersama di kelas melatih psikomotorik (nilai keimanan dan amal saleh); e) Salat zuhur berjamaah di masjid sekolah (nilai disiplin waktu dan saling berwasiat dalam kebenaran).
MUHAMMAD DZAL ANSHAR - Personal Name
370
370
Text
2021
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...