Detail Cantuman Kembali
Tesis: PERAN BI’AH LUGHAWIYYAH DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN DARUL HUFFADH TUJU-TUJU KAB.BONE
Tesis ini membahas “Peran Bi’ah Lughawiyyah dalam Menunjang
Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Darul Huffadh Tuju-tuju
Kab.Bone”. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hal-hal apa saja yang
melatarbelakangi penciptaan Bi’ah Lughawiyyah di Pondok Pesantren Darul
Huffadh Bone, mendeskripsikan model penciptaan Bi’ah Lughawiyyah di Pondok
Pesantren Darul Huffadh Bone, dan menganalisa peran dari kegiatan Bi’ah
Lughawiyyah yang diterapkan di Pondok Pesantren Darul Huffadh Bone dalam
pembelajaran bahasa Arab.
Adapun lokasi penelitian ini, berada di Pondok Pesantren Darul Huffadh
dengan menggunakan teknik pengumpulan data, meliputi observasi, wawancara
dan dokumentasi. Penelitian ini juga menggunakan beberapa pendekatan yaitu
pendekatan pedagogis, pendekatan sosiologis dan pendekatan kultural. Sumber
data dipilih secara purposive sampling, dan menganalisis data yang telah
didapatkan dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan
atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penciptaan bi’ah lughawiyyah di
Pondok Pesantren Darul Huffadh dilatarbelakangi karena Pondok Pesantren Darul
Huffadh memadukan dua muatan akademis yaitu tahfiz\ al-Qur’an dengan
Kulliyatul Mu’allimin al-Islamiyyah (KMI). Berbagai matapelajaran umumnya
berbahasa Arab, selain itu terdapat matapelajaran fiqh dan matapelajaran bahasa
Inggris. matapelajaran fiqh menggunakan kitab al-Dzikro yang ditulis oleh ust.
Lanre Said sendiri, sehingga santri memiliki motivasi untuk memahami dan
menguasai bahasa Arab dan bahasa Inggris. Disamping untuk mengetahui isi al-
Qur’an dan hadis| juga mampu memahami buku-buku yang menjadi bahan ajar dan
buku-buku lainnya yang ada di Pondok pesantren Darul Huffadh. (2) Model-model
penciptaan bi’ah lughawiyyah di Pondok Pesantren Darul Huffadh secara umun
yaitu: Pemberian kosakata bahasa Arab dan bahasa Inggris. Untuk santri putra
diberikan pada pagi hari kemudian pengulangan di sore hari. Sedangkan untuk
santri putri diberikan 3 kali (setelah dhuhur, setelah isya, dan sebelum tidur), Almuha>
das\ah (percakapan), memberikan teks percakapan kepada santri putra dan
putri menggunakan Daily Conversation. Untuk santri putra diberikan pada hari
rabu waktu sore dan mempraktikkannya pada hari jumat setelah sholatsubuh dan
santriwati putri pada jum’at sore dan dipraktikkan bersama teman-temannya pada
jum’at pagi. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan muha>das\ah, Al-
Muha>d}arah (Latihan pidato) dilaksanakan 2 kali seminggu, mengikuti waktu
pekan bahasa yang dilaksanakan 2 minggu secara bergantian. Misalkan minggu ini
bahasa Arab maka 2 minggu selanjutnya bahasa Inggris. d.Kursus, pada santri
putra dilaksanakan pada hari senin dan sabtu siang. Sedangkan untuk santri putri
dilaksanakan pada hari senin dan selasa. Adapun materi kursus yaitu materi
percakapan, imla’ dan insya>’., Melaksanakan tajassus bagi santri yang melanggar
pada saat pekan bahasa. Misal, pada saat pekan bahasa Arab menggunakan bahasa
Inggris, Indonesia maupun Daerah, Melakukan penyiaran berita setelah maghrib,
untuk melatih kemampuan istima>’ santri dan juga untuk pemanggilan para santri
yang melanggar kegiatan berbahasa, Memasang mading berbahasa Arab dan
Inggris setiap tempat sesuai dengan bendanya, dan Pemberian kata-kata mutiara
berbahasa Arab dan Inggris, Ditulis di papan tulis kemudian diletakkan di depan
masjid. dan satu minggu kemudian diganti oleh lembaga bahasa.(3) Program
lingkungan bahasa Arab di Pondok Pesantren Darul Huffadh, secara garis besar
sudah bisa dinyatakan berhasil dalam mencapai tujuan yang direncanakan, yaitu
meningkatkan kemampuan berbahasa Arab santri. Hal ini tampak tergambar
bahwa santri mampu menggunakan bahasa Arab sebagai alat berinteraksi dalam
kehidupan sehari-hari. Berbagai matapelajaran umumnya berbahasa Arab, selain
itu terdapat matapelajaran fiqh dan matapelajaran bahasa Inggris. Disamping
untuk mengetahui isi al-Qur’an dan hadis| juga mampu memahami buku-buku yang
menjadi bahan ajar dan buku-buku lainnya yang ada di Pondok pesantren Darul
Huffadh. sehingga Pondok Pesantren Darul Huffadh dapat menghasilkan santri dan
lulusan yang aplikatif dalam berbahasa Arab baik lisan maupun tulisan yang tidak
hanya pintar secara intelektual tetapi juga cerdas secara spiritual dan emosional
yang terwujud dari perilaku yang bermoral.
Penelitian ini berimplikasi untuk menambah khazanah ilmu pengetahuan
dalam bidang pendidikan bahasa Arab. Selain itu juga dapat berimplikasi sebagai
bahan untuk memberikan sumbangsih yang menjadi acuan peneliti selanjutnya
sebagai bahan masukan dalam proses pembelajaran Arab guna meningkatkan
kemahiran berbahasa peserta didik.
Sri Mulya Rahmawati - Personal Name
2X7.3
2X7.3
Text
Indonesia
PENDIDIKAN BAHASA ARAB
2021
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...