Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS: IMPLEMENTASI LITERASI AL-QUR’AN DALAM PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK PADA SMA/SMK DI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG


Pokok masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi literasi
al-Qur’an dalam pembinaan karakter religiusitas peserta didik pada SMA/SMK
di Kabupaten Sidenreng Rappang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk: 1)
untuk mendeskripsikan implementasi literasi al-Qur’an dalam pembinaan karakter
religiusitas peserta didik pada SMA di kabupaten Sidenreng Rappang, 2) untuk
menemukan faktor pendukung dan penghambat implementasi literasi al-Qur’an
dalam pembinaan karakter religiusitas peserta didik pada SMA di kabupaten
Sidenreng Rappang, 3) untuk menemukan upaya yang dilakukan dalam mengatasi
masalah implemetasi literasi al-Qur’an dalam pembinaan karakter religiusitas
peserta didik pada SMA di kabupaten Sidenreng Rappang.
Untuk menjawab permasalahan diatas penulis menggunakan pendekatan
pedagogik, historis, dan sosiologis. Data penelitian bersumber dari data primer dan
data sekunder yang diperoleh dari literatur atau buku rujukan dan dokumen sebagai
data pendukung. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri sebagai instrumen
kunci, yang kemudian mengembangkan instrumen baru yaitu pedoman observasi,
pedoman wawancara, dan dokumentasi. Ketiganya digunakan untuk mengumpulkan
data di lapangan. Data yang dikumpulkan selanjutnya diolah melalui tiga tahap
yakni data reduction, data display, dan data verification.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi literasi al-Qur’an yang
dilaksanakan pada SMA/SMK di Kabupaten Sidenreng Rappang adalah gerakan 15
menit mengaji, tadarrus dan kultum yang dilaksanakan setiap hari jum’at. Faktor
pendukung dari implementasi literasi al-Qur’an ada 2 yaitu faktor internal dan faktor
eksternal, Faktor internalnya adalah adalah dukungan kepala sekolah, guru guru yang
berkompeten dalam program literasi al-qur’an, sarana dan prasarana yang memadai,
dan peserta didik diwajibkan mempunyai al-Qur’an baik itu al-Qur’an digital
maupun yang lainnya agar pelaksanaan literasi al-Qur’an lebih mudah dijalankan.
Adapun faktor ekstrenal yakni adanya dukungan dari pemerintah setempat seperti
kebijakan Dinas Provinsi Sulawesi Selatan yang telah memprogramkan dan
mewajibkan setiap sekolah khususnnya sekolah menengah atas yang ada di provinsi
Sulawesi Selatan. Adapun faktor penghambat implementasi literasi al-Qur’an pada
SMA/SMK di Kabupaten Sidenreng Rappang adalah minimnya alokasi waktu yang
diberikan dalam pelaksanaan literasi al-Qur’an, peserta didik masih kurang bisa
membaca al-Qur’an serta belum memiliki kesadaran penuh untuk melaksanakan
program literasi al-Qur’an yang dijalankan. Adapun karakter karakter religiusitas
yang ditanamkan pada peserta didik adalah karakter jujur, tanggung jawab, disiplin
dan peduli.
Adapun implikasinya penelitian ini dapat disosialisasikan dengan baik
kepada seluruh masyarakat muslim khususnya di Kabupaten Sidenreng Rappang
agar dapat menerapkan nilai-nilai karakter religiusitas dalam kehidupan sehari-hari, mempererat hubungan kepada Allah swt. dan hubungan kepada sesama manusia.
Disarankan agar implementasi literasi al-Qur’an dimaksimalkan lagi agar minat baca
peserta didik dapat meningkat serta dapat menghasilkan sumber daya manusia yang
berkualitas.
2X7.3
2X7.3
Text
Indonesia
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
2020
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...