Detail Cantuman Kembali
TESIS: PENGARUH KUALITAS LAYANAN MADRASAH DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 6 BULUKUMBA
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan realitas kualitas layanan madrasah di MTs Negeri 6 Bulukumba; 2) mendeskripsikan realitas kompetensi profesional guru di MTs Negeri 6 Bulukumba; 3) mendeskripsikan realitas prestasi belajar peserta didik di MTs Negeri 6 Bulukumba; 4) menguji pengaruh kualitas layanan madarsah terhadap prestasi belajar peserta didik di MTs Negeri 6 Bulukumba; 5) menguji pengaruh kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar peserta didik di MTs Negeri 6 Bulukumba; dan 6) menguji pengaruh kualitas layanan madrasah dan kompetensi profesional guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Bulukumba.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini sebanyak 38 orang dari 251 orang peserta didik yang diambil secara proporsional sebesar 15%. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial untuk menguji hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kualitas layanan yang dilakukan di MTs Negeri 6 Bulukumba berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 83,4%; 2) kompetensi profesional guru di MTs Negeri 6 Bulukumba berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 84,6%; 3) prestasi belajar peserta didik di MTs Negeri 6 Bulukumba berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase sebesar 84,2%; 4) kualitas layanan madrasah berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik sebesar 18,3%; 5) kompetensi profesional guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik sebesar 25,1%; dan 6) kualitas layanan madrasah dan kompetensi profesional guru secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik sebesar 27,4%.
Penelitian ini dapat berimplikasi terhadap pemahaman warga madrasah tentang pentingnya pemberian layanan yang berkualitas kepada semua pengguna, khususnya peserta didik agar dapat memberikan rasa puas dan pada akhirnya mengarah pada peningkatan prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini juga berimplikasi terhadap pemahaman guru, khususnya guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Bulukumba tentang pentingnya penguasaan kompetensi profesional dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik karena menjadi salah satu faktor determinan dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik.
AKMAL RAJAB - Personal Name
370
370
Text
Indonesia
Manajemen Pendidikan Islam
2019
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...