Detail Cantuman Kembali

XML

DISERTASI: Evaluasi Buku Ajar Bahasa Arab di SMA berdasarkan pada KTSP & K.13 di Sulawesi Selatan


Tujuan penelitian ilmiah ini adalah : 1. Analisa kesesuaian buku Ajar Bahasa Arab pada SMA di Sulawesi Selatan, 2. Analisa hasil angket para siswa dan guru terhadap buku ajar bahasa Arab SMA di Sulawesi, 3. Analisa kesesuaian buku ajar bagi para pakar bahasa dan para pakar pengajaran bahasa.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian evaluasi. Penelitian ini tentang kedudukan buku ajar untuk pembelajaran bahasa Arab di SMA yang berdasarkan pada KTSP dan K.13 di Sulawesi Selatan. Penelitian ini berdasar kepada wawancara dan angket walaupun keduanya bersandar kepadawawancara dan angket walaupun keduanya bersandar kepada kebenaran laporan lisan, hanya saja terdapat perbedaan penting antara kedua metode pada angket kita memperoleh informasi khusus atas angket yang tertulis bagi orang-orang, yaitu melalui pertanyaan-pertanyaan yang telah disusun. Adapun wawancara, karena pewawancara dan yang diwawancarai ada pada saat tanya jawab, maka di sana terdapat kesempatan yang baik untuk memperoleh keterangan di tambah lagi bagi pewawancara kesempatan memperhatikan orangnya, dan kedudukan menyeluruh yang diminta untuk dijawab. Dan bagi masing-masing dari angket dan wawancara kelebihan yang banyak.
Hasil penelitian ilmiah adalah : 1. Hasil temuan yang diperoleh peneliti pada buku ajar bahasa Arab yang berdasarkan pada KTSP di SMA se Sulawesi Selatan ada 16 temuan. Adapun hasil temuan pada buku bahasa Arab yang berdasarkan pada K.13 di SMA se Sulawesi Selatan ada 21 temuan. 2. Hasil angket para guru dan siswa yang baik sekali sebanyak 51,3%, dan baik sebanyak 34% sehingga segi kekuatan = 85,3 %. Adapun hasil yang kurang baik sebanyak 5,3% dan pendapat lain sebanyak 9,3% sehingga segi kelemahan = 14,6%. 4. Pendapat para pakar, spesialis dan penanggung jawab tentang segi negatif (kekurangan) buku ajar untuk pengajaran bahasa Arab di SMA se Sulawesi Selatan menurut para guru dan siswa (pada angket), maka jumlah masalahnya ada 22 masalah.
M. Bachtiar Syamsuddin - Personal Name
2X7.3
2X7.3
Text
Arab
PENDIDIKAN BAHASA ARAB
2020
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...