Detail Cantuman Kembali
DISERTASI: KOMPARASI PENERAPAN METODE AL-MIFT A>H LIL ULU>M DAN MUMTA>Z DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA KITAB KUNING (Studi Eksperimen Pada Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Tingkat Ulya Pondok Pesantren Modern Al-Junaidiyah Biru Kabupaten Bone)
Disertasi ini mengkaji tentang perbandingan penerapan metode pembelajaran al-Mifta>h Lil Ulu>m dan metode pembelajaran Mumta>z dalam meningkatkan kemampuan baca kitab kuning (Studi Eksperimen pada Pendidikan Diniyah Formal Tingkat Ulya Al-Junaidiyah Biru Bone. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui kemampuan membaca kitab kuning santri pada Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Tingkat Ulya Pondok Pesantren Modern Al-Junaidiyah Biru Bone dengan penerapan metode al-Mifta>h Lil Ulu>m dan Mumta>z serta perbedaaan dari kedua metode tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan data kuantitatif. Sampelnya adalah Kelas XI A Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Tingkat Ulya Al-Junaidiyah Biru Bone sebagai kelas eksperimen 1 yang diberikan perlakuan (treatmen) atau yang menggunakan metode pembelajaran al-Mifta>h Lil Ulu>m dan kelas XI B sebagai kelas eksperimen 2 menggunakan metode pembelajaran Mumta>z. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, pedoman dokumentasi dan tes. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan rumus uji f selanjutnya data dianalisis dengan jasa komputer statistik SPSS for windows. 16.
Hasil penelitian menunjukkan kemampuan peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran al-Mifta>h Lil Ulu>m Berdasarkan hasil pengolahan data melalui ststistik SPSS 23 menunjukkan Sig. 0,05 (0.048 < 0,05) atau T-Hitung > T-Tabel (-0,204) pada taraf signifikan 5% yang berarti penggunaaan metode pembelajaran Mumta>z dan metode pembelajaran al-Mifta>h Lil Ulu>m dalam meningkatkan kompetensi baca kitab kuning peserta didik terdapat perbedaan meskipun hasil yang dtunjukkan keduanya memenuhi nilai ambang batas KKM yaitu 75, yang artinya bahwa metode belajar mumtaz lebih efektif digunakan dibandingkan dengan metode pembelajaran al-Mifta>h Lil Ulu>m.
Adapun temuan teori dalam penelitian ini adalah bahwa metode mumtaz memiliki teori yang berbeda dan tergolong baru di antaranya: 1). Meteri Keseluruhan Lebih Penting dari Bagian-Bagian (Teori Gastalt), 2). Teknik Penggunaan kata kunci, 3). Racikan Rumus (Kaidah) yang Komunikatif, 4). Berinovasi dengan Nilai Filosofi dari Ilmu Nahwu Saraf.
Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan bagi guru dan calon guru pada mata pelajaran bahasa Arab dan guru pada Pendidikan Diniyah Formal (PDF) agar dapat menjadikan metode pembelajaran al-Mifta>h Lil Ulu>m dan Mumta>z sebagai salah atu alternatif dalam pelaksanaan model pembelajaran di kelas.
A. FAJAR AWALUDDIN - Personal Name
400
400
Text
Indonesia
PENDIDIKAN BAHASA ARAB
2020
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...