Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS: Pengaruh Kompetensi Sosial Guru dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Makassar


Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui gambaran
kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam di SMKN 1
Makassar 2) Mengetahui gambaran motivasi belajar peserta didik
pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Makassar 3)
Mengetahui gambaran prestasi belajar peserta didik pada bidang
studi Pendidikan Agama Islam peserta didik di SMKN 1 Makassar 4)
Mengetahui pengaruh signifikan kompetensi sosial guru Pendidikan
Agama Islam terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di
SMKN 1 Makassar 5) Mengetahu pengaruh signifikan kompetensi
sosial guru Pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar
Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Makassar 6) Mengetahui
pengaruh signifikan kompetensi sosial guru Pendidikan Agama
Islam dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pendidikan
agama Islam di SMKN 1 Makassar.
Jenis penelitian ini adalah eksposfacto dengan menggunakan
pendekatan metodologis yakni kuantitatif dan pendekatan keilmuan
berupa yuridis, teologi normatif, dan psikologis. Responden dalam
penelitian ini berjumlah 60 orang, untuk mengumpulkan data
menggunakan instrument angket dan format dokumentasi yang
dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial dengan
melakukan uji F.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Mean variabel
kompetensi guru Pendidikan Agama Islam adalah 87 berada pada
kategori sedang 2) Mean variabel motivasi belajar peserta didik
adalah 84 berada pada kategori sedang 3) Mean variabel prestasi
belajar peserta didik adalah 85 berada pada kategori sedang 4)
Terdapat pengaruh signifikan antara kompetensi sosial guru
Pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar peserta didik.
Hal ini berdasarkan pengujian F hitung pada taraf signifikansi 0,05
menunjukkan bahwa F hitung lebih besar dari F tabel (51,02>4,02), 5)
Terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar peserta
didik terhadap prestasi belajar peserta didik bidang studi
Pendidikan Agama Islam. Hal ini berdasarkan pengujian F hitung
dengan taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa F hitung lebih
besar dari F tabel (28,69>4,02), 6) Terdapat pengaruh yang signifikan
antara kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam dan
Motivasi Belajar Peserta Didik terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik di SMKN 1 Makassar. Hal ini berdasarkan pengujian F hitung
dengan taraf signifikansi 0,05% menunjukkan bahwa F hitung lebih
besar dari F tabel (32,51>3,17).
Implikasi dari penelitian ini adalah, Besar kecilnya pengaruh
yang diperoleh seharunya tidak membuat guru tidak mengasah
kompetensinya dalam hal ini kompetensi sosial. Jika hal ini tidak
diperhatikan maka salah satu yang menjadi kunci keberhasilan
belajar peserta didik akan hilang yang secara otomatis semangat
belajar dan menuntut ilmu juga akan pudar.
Muhammad Aswar Ahmad - Personal Name
371
371
Text
Indonesia
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
2020
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...