Detail Cantuman Kembali

XML

DISERTASI: PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIABERORIENTASI INTEGRASI KEILMUAN DAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGAT TINGGI DI UIN ALAUDDIN MAKASSAR


Penelitian ini memiliki beberapa tujuan. Pertama, mendeskripsikan kondisi realitas bahan ajar Bahasa Indonesia di UIN Alauddin Makassar. Kedua, untuk menghasilkan suatu bahan ajar Bahasa Indonesia yang berorientasi pada integrasi keilmuan dan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Ketiga, mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan keefektifan bahan ajar Bahasa Indonesia yang dikembangkan. Rumusan masalah utama pada penelitian ini adalah bagaimana pengembangan bahan ajar Bahasa Indonesia berorientasi integrasi keilmuan dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Di UIN Alauddin Makassar.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model yang dikembangkan oleh Romiszowski. Model tersebut memiliki empat tahapan utama yaitu: Pertama, Client System untuk mengidentifikasi masalah terhadap realitas bahan ajar Bahasa Indonesia di UIN Alauddin Makassar. Instructional System untuk mendeskripsikan tujuan umum pembelajaran bahan ajar Bahasa Indonesia yang dikembangkan. Ketiga, Lesson Plan bertujuan untuk merumuskan tujuan pembelajaran pada setiap pokok bahasan termasuk tujuan pembelajaran khusus. Keempat, Material Development untuk mengembangkan bahan ajar termasuk proses validasi oleh ahli materi Bahasa Indonesia dan ahli desain bahan ajar.
Hasil penelitian menujukkan bahwa: Pertama, pembelajaran Bahasa Indonesia di UIN Alauddin Makassar belum berorientasi integrasi keilmuan dan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Kedua, pengembangan bahan ajar menghasilkan produk berupa buku ajar yang diberi judul Bahasa Indonesia Terintegrasi, Integrasi Keilmuan dan HOTS. Bahan ajar tersebut memiliki beberapa karakteristik khusus yaitu: bahan ajar tersebut dikembangkan berdasarkan hasil analisis kebutuhan dosen dan mahasiswa, berbasis integrasi keilmuan khususnya nilai-nilai agama dan umum, dan memuat materi, kegiatan dan evaluasi pembelajaran yang mendukung penerapan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Ketiga, hasil uji validitas memperoleh skor 3.91 untuk materi dan 3,93 untuk desain. Uji efektivitas mendapatkan skor rata-rata 0,71% dan 0,72 % serta kepraktisan memperoleh skor 3,92. Keseluruhan skor tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar tersebut memenuhi unsur kevalidan dan praktikalitas dan keefektifan. Hasil penelitian tersebut memberikan implikasi bagi pelaksanaan proses pembelajaran Bahasa Indonesia di UIN Alauddin Makassar khususnya dalam penerapan pembelajaran Bahasa Indonesia berorientasi integrasi keilmuan dan keterampilan berpikir tingkat tinggi.

Rahmiati - Personal Name
370
370
Text
Indonesia
PENDIDIKAN DAN KEGURUAN
2019
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...