Detail Cantuman Kembali

XML

DISERTASI: Pengembangan Materi Pelatihan TOAFL berbasis Metode Suggestopedia di Prodi Pendidikan Bahasa Arab UIN Alauddin Makassar


Tujuan penelitian ilmiah ini adalah: 1. Mendesain Buku Materi Pelatihan TOAFL berbasis Metode Suggestopedia di Prodi Pendidikan Bahasa Arab UIN Alauddin Makassar, 2. Menganalisis validitas Buku Materi Pelatihan TOAFL berbasis Metode Suggestopedia di Prodi Pendidikan Bahasa Arab UIN Alauddin Makassar, 3. Menganalisis efektivitas Buku Materi Pelatihan TOAFL berbasis Metode Suggestopedia di Prodi Pendidikan Bahasa Arab UIN Alauddin Makassar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan yang didesain oleh Borg dan Gall dengan 10 langkah yang didesain ulang berdasarkan kebutuhan peneliti menjadi 7 langkah yaitu: 1. Analisis kebutuhan, 2. Desain materi pelatihan, 3. Validasi ahli, 4. Revisi awal, 5. Uji coba materi, 6. Revisi akhir, 7. Produk materi pelatihan. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan 5 teknik pengumpulan data yaitu wawancara, dokumentasi, angket, observasi dan tes. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis kualitatif dengan model interaktif Mile dan Huberman, dan menggunakan teknik analisis kuantitatif dengan statistik sederhana dan uji-t.
Hasil penelitian ilmiah ini adalah: 1. Produk Buku Materi Pelatihan TOAFL berbasis Metode Suggestopedia di Prodi Pendidikan Bahasa Arab UIN Alauddin Makassar, 2. Validitas Buku Materi Pelatihan TOAFL berbasis Metode Suggestopedia dengan nilai 76 % pada tingkat “sangat baik” dan menandakan kelayakan buku tersebut untuk digunakan, 3. Efektivitas Buku Materi Pelatihan TOAFL berbasis Metode Suggestopedia dengan nilai t hitung 9,063 lebih besar dari nilai t tabel yaitu 2,030 dan menandakan bahwa penggunaan buku tersebut efektif dalam meningkatkan kelulusan mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab UIN Alauddin Makassar pada tes TOAFL.
Implikasi dari hasil penelitian dan pengembangan ini adalah bahwa Buku Materi Pelatihan TOAFL berbasis Metode Suggestopedia yang dikembangkan, secara khusus dapat digunakan sebagai alternatif dalam meningkatkan kelulusan mahasiswa pada tes TOAFL di Prodi Pendidikan Bahasa Arab UIN Alauddin Makassar dan secara umum dapat digunakan untuk menambah wawasan dalam meningkatkan empat kemahiran berbahasa arab.
Azizul Hakim - Personal Name
371
371
Text
Arab
PENDIDIKAN BAHASA ARAB
2020
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...