Detail Cantuman Kembali

XML

DISERTASI: Pembelajaran Bahasa Arab di Ma’had Aliy As’adiyah Sengkang: Studi tentang Upaya Pengembangan Kemahiran Berbicara


Masalah mendasar pada penelitian ini adalah upaya Ma’had Aliy As’adiyah Sengkang dalam pengembangan kemahiran berbicara. Ada tiga permasalahan yang diangkat oleh Peneliti, yaitu pertama: Bagaimana pembelajaran kemahiran berbicara di Ma’had Aliy?.Kedua: Apa problematika yang dihadapi dalam pengembangan kemahiran berbicara?.Ketiga: Bagaimana upaya Ma’had Aliy dalam mengatasi Problematika tersebut untuk pengembangan kemahiran berbicara?.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan mempergunakan pendekatan historis, metodis, dan pendekatan ilmiah. Jenis data yang ada di dalam penelitian ini adalah data primer dan data skunder, dengan mempergunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang dipergunakan adalah reduksi data, dsiplay data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pembelajaran kemahiran berbicara pada Ma’had Aliy terdiri dari dua jenis, yaitu pertama: Pembelajaran kemahiran berbicara yang berlangsung di kelas resmi klasikal. Kedua: Pembelajaran kemahiran berbicara yang berlangsung di luar kelas dalam bentuk pembelajaran tambahan. 2) Problematika yang dihadapi oleh Ma’had Aliy dalam pengembangan kemahiran berbicara terbagi dua, yaitu problematika kebahasaan dan problematika non kebahasaan. 3) Adapun upaya yang dilakukan oleh Ma’had Aliy dalam pengembangan kemahiran berbicara terdiri atas tiga jenis, yaitu pertama:Upaya dalam melatih diri dalam berbicara secara langsung, Kedua: Upaya dalam melakukan berbagai kegiatan. Ketiga: Upaya yang sifatnya solutif yang akan dilakukan oleh Ma’had Aliy untuk memperbaiki dan memyempurnakan upaya sebelumnya yang belum efektif dan belum berhasil.
Kata kunci: Upaya, Kemahiran berbicara, Bahasa Arab
Kaharuddin - Personal Name
2X4
2X4
Text
Arab
PENDIDIKAN BAHASA ARAB
2020
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...