Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS: ASPEK MASLAHAH PADA PERILAKU KONSUMEN MUSLIM DALAM PENGGUNAAN E-WALLET DI KOTA MAKASSAR


Pokok masalah pada penelitian ini adalah bagaimana aspek maslahah pada
perilaku konsumen muslim dalam penggunaan e-Wallet di Kota Makassar.
Selanjutnya dari pokok masalah tersebut maka dirumuskan ke dalam beberapa sub
masalah atau yang menjadi pertanyaan penelitian, yaitu 1) Bagaimana eksistensi e-
Wallet pada konsumen muslim di Kota Makassar? 2) Bagaimana maslahah perilaku
konsumen muslim dalam memanfaatkan e-Wallet di Kota Makassar?.
Pada penelitian ini tergolong kualitatif dengan menggunakan pendekatan
fenomenologis dan ekonomi syariah. Adapun sumber data dari penelitian ini berasal
dari data primer yaitu konsumen muslim pengguna e-Wallet yang berusia 20-35 tahun
sebanyak 16 orang dan data sekunder berasal dari 4 orang yang mengetahui keadaan
penelitian serta dari berbagai sumber yaitu buku, jurnal dan penelitian lainnya.
Selanjutnya metode pengumpulan data yang digunakan dengan melakukan observasi,
wawancara serta dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini melalui tiga tahapan
yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa eksistensi e-Wallet pada konsumen
muslim di Kota Makassar yang disebabkan oleh 1) Adaptasi digital yang merupakan
kebutuhan akan perkembangan teknologi meliputi sarana pembayaran, sarana
penyimpanan dan transfer uang serta sarana kepedulian sosial 2) Registrasi yang
mudah 3) Penyedia e-Wallet semakin banyak 4) Lebih banyak promo. Adapun
maslahah pada perilaku konsumen muslim dalam memanfaatkan e-Wallet yaitu
terdapatnya sisi kepraktisan sehingga konsumen muslim dapat mengefisienkan waktu
yang dimiliki; Penggunaan e-Wallet menjadikan konsumen lebih aman dan bersih
dalam bertransaksi karena dapat terhindar dari sesuatu yang dapat membahayakan
dirinya; Konsumen muslim lebih dapat mengontrol keuangan yang dimiliki dan
berhemat dalam berbelanja dan juga konsumen lebih rajin berdonasi, sehingga
penggunaan e-Wallet tidak hanya memberikan maslahah pada konsumen, tetapi juga
memiliki manfaat bagi orang lain. Dengan demikian, e-Wallet dapat dikategorikan
sebagai sesuatu yang memberikan maslahah bagi para konsumen karena tidak hanya
memiliki orientasi di dunia akan tetapi terdapat pula orientasi di akhirat. Di samping
itu, terdapat tiga aspek yaitu halal, bermanfaat dan menghindarkan kemudharatan.
Penggunaan e-Wallet merupakan maslahah hajiyyah, yang kehadirannya memberikan
kemudahan bagi konsumen muslim.
Implikasi pada penelitian ini bahwa pada era digital, konsumen muslim
dituntut lebih cerdas dalam menggunakan teknologi keuangan sehingga konsumen
muslim senantiasa memenuhi kebutuhan sesuai kategori kebutuhan dalam Islam.
Selain itu, konsumen lebih menggunakan e-Wallet sebagai sarana sosial karena telah
disediakan fitur donasi. Kemudian pada situasi pandemi saat ini, merchant dapat
menjadikan e-Wallet sebagai metode transaksi dan regulasi mengenai e-Wallet terus
menjadi perhatian bagi otoritas terkait, termasuk sanksi terhadap kejahatan digital.
Kata Kunci: Maslahah, Konsumen Muslim, e-Wallet
Nurjannah - Personal Name
2X6
2X6
Text
Indonesia
EKONOMI SYARIAH
2021
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...