Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS: PENGARUH PELAKSANAAN FUNGSI MANAJEMEN MADRASAH DAN KOMPETENSI KEPALA MADRASAH TERHADAP AKREDITASI DI MADRASAH TSANAWIYAH SE-KECAMATAN TELLU SIATTINGE KABUPATEN BONE


Penelitian ini membahas tentang pengaruh pelaksanaan fungsi manajemen madrasah dan kompetensi kepala madrasah terhadap akreditasi di Madrasah Tsanawiyah se-Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone dengan tujuan untuk: 1) menjelaskan realitas pelaksanaan fungsi manajemen madrasah di Madrasah Tsanawiyah se-Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone; 2) menjelaskan realitas kompetensi kepala madrasah di Madrasah Tsanawiyah se-Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone; 3) menjelaskan realitas akreditasi di Madrasah Tsanawiyah se-Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone; 4) menguji pengaruh pelaksanaan fungsi manajemen madrasah terhadap akreditasi di Madrasah Tsanawiyah se-Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone; 5) menguji pengaruh kompetensi kepala madrasah terhadap akreditasi di Madrasah Tsanawiyah se-Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone; 6) menguji pengaruh fungsi manajemen madrasah dan kompetensi kepala madrasah secara bersama-sama terhadap akreditasi di Madrasah Tsanawiyah se-Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone.
Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan metode ex-post facto merupakan penelitian yang bertujuan untuk menemukan penyebab dari suatu peristiwa. Populasi dalam penelitian adalah guru Madrasah Tsanawiyah se-Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone yang terdiri dari 88 orang, karena kurang dari 100 maka 88 orang menjadi sampel jenuh. Penentuan populasi dan sampel ini dikarenakan salah satu sub variabel dalam penelitian adalah kompetensi supervisi yang dilakukan terhadap guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yaitu statistik deksriptif dan statistik inferensial dengan pengujian hipotesis dengan uji korelasi product moment dan analisis regresi linier dan berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) realitas pelaksanaan fungsi manajemen madrasah di Madrasah Tsanawiyah se-Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone dengan persentase sebesar 48,9% berada pada kategori baik; 2) realitas kompetensi kepala madrasah di Madrasah Tsanawiyah se-Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone dengan persentase sebesar 76,9% dengan kategori sangat baik; 3) realitas akreditasi di Madrasah Tsanawiyah se-Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone persentase sebesar 68,2% dengan kategori sangat baik; 4) Terdapat pengaruh positif antara pelaksanaan fungsi manajemen madrasah terhadap akreditasi di Madrasah Tsanawiyah se-Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone dengan persentase 38,1%. Dengan terlaksananya pelaksanaan fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasin, pelaksanaan dan pengawasan di madrasah mampu untuk meningkatkan kualitas madrasah melalui akreditasi madrasah; 5) Terdapat pengaruh positif antara kompetensi kepala madrasah terhadap akreditasi di Madrasah Tsanawiyah se-Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone. Kompetensi kepala madrasah yang dimanfaatkan dengan baik oleh kepala madrasah dalam kepemimpinannya memberikan peningkatan terhadap pencapaian akreditasi madrasah, hal ini terbukti dengan persentase 61,5%; 6) Terdapat pengaruh positif antara pelaksanaan fungsi manajemen madrasah dan kompetensi kepala madrasah secara bersama-sama terhadap akreditasi di Madrasah Tsanawiyah se-Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone sebesar 63,2%.
Saran dalam penelitian ini bahwa jika menginginkan mutu/akreditasi yang baik, maka diperlukan kerjasama dan komitmen kepala madrasah, tenaga pendidik dan kependidikan. Hal tersebut dilakukan melalui manajemen madrasah dan pengoptimalan kompetensi yang dimiliki kepala madrasah dalam memengaruhi warga madrasah dalam pencapaian tujuan secara efektif dan efesien
Siti Aisyah - Personal Name
371
371
Text
Indonesia
Manajemen Pendidikan Islam
2021
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...