Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS: IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM DALAM PROSES PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK PADA MAS GUPPI KINDANG KABUPATEN BULUKUMBA


Tujuan penelitian ini adalah, 1) Untuk Mendeskripsikan implementasi manajemen kurikulum pada MAS GUPPI Kindang Kabupaten Bulukumba, 2) Untuk mengkaji upaya pelaksanaan pembelajaran pada MAS GUPPI Kindang Kabupaten Bulukumba, dan 3) Untuk mengkaji faktor pendukung dan penghambat implementasi manajemen kurikulum dalam dalam pengembangan pembelajaran peserta didik di MAS GUPPI Kindang Kabupaten Bulukumba.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi yaitu Paedagogis, Psikologis, fenomenologis dan sosiologis Sumber data penelitian ini terdiri atas kepala madrasah, guru, dan pegawai administrasi di Kindang Kabupaten Bulukumba sebagai informan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen wawancara mendalam, pedoman observasi/ pengamatan tuntas, dan dokumentasi. Teknik analisis/pengolahan data data kualitatif menggunakan 3 tahapan yaitu 1) reduksi/analisis data, 2) display/penyajian data, dan 3) pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, Implementasi manajemen kurikulum pada MAS GUPPI Kindang Kabupaten Bulukumba meliputi Implementasikan Kurikulum 2013 pada Perencanaan Pengembangan Pembelajaran, merencanakan pembelajaran. Perencanaan menyangkut penetapan tujuan, kompetensi, dan karakter yang akan dibentuk, serta memperkirakan cara tercapainya. Manajemen kurikulum salah satu aspek yang berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran Hal ini tertuang dalam wujud rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). RPP Kurikulum 2013 berbeda dengan RPP sebelumnya dan, Implementasi Kurikulum 2013 pada Pelaksanaan Pengembangan Pembelajaran, pelaksanaan kurikulum 2013 sudah bagus karena aturan-aturan yang ada dalam Kurikulum 2013 dan Upayah pelaksanaan pembelajaran pada MAS GUPPI Kindang Kabupaten Bulukumba meliputi;
1. pengetahuan guru tentang kurikulum 2013 Guru sebagai pelaksana kurikulum dituntut memiliki pengetahuan yang luas tentang kurikulum yang akan dilaksanakan dan peran guru dalam penerapan kurikulum Guru berperan penting dalam penerapan kurikulum, karena guru adalah orang yang akan melaksanakan kurikulum.
2. Kurikulum 2013 tidak jauh berbeda dengan kurikulum sebelumnya.
3. Faktor pendukung dan penghambat implementasi manajemen kurikulum dalam dalam pengembangan pembelajaran peserta didik di MAS GUPPI Kindang Kabupaten Bulukumba, yang menjadi pendukung yaitu Penerapan kurikulum 2013 di MAS GUPPI Kindang Kabupaten Bulukumba secara prosedural sudah terlaksana dengan baik karena sekolah ini sudah pernah mengadakan seminar dan pelatihan tentang penerapan kurikulum 2013 kepada guru-guru yang ada di sekolah tersebut, serta dukungan pemerintah. Adapun factor penghambat yaitu:
dilihat dari sikap guru belum melaksanakan penilaian autentik secara optimal, dan kurangnya kecakapan dalam menggunakan IT apalagi sudah aplikasi khusus yang dibuat untuk mempermudah input nilai, dalam proses pembelajaran
Implikasi penelitian ini yaitu Perlu dilakukan pelatihan terkait kurikulum 2013 di MAS GUPPI Kindang Kabupaten Bulukumba secara merata agar semua guru memperoleh informasi yang sama tentang kurikulum 2013 ini. Perlu adanya kerjasama dengan penerbit buku agar kebutuhan buku pelajaran yang berbasis kurikulum 2013 dapat terpenuhi terutama pelajaran yang belum ada buku berbasis 2013. Guru perlu meningkatkan kemampuannya dalam memahami kurikulum 2013, karena salah satu indikator guru profesional adalah dapat mengembangkan dan meningkatkan kemampuannya.
SYARIFUDDIN - Personal Name
372
372
Text
Indonesia
Manajemen Pendidikan Islam
2020
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...