Detail Cantuman Kembali
TESIS: IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 BARRU KABUPATEN BARRU
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan implementasi idealized
influence kepala sekolah, 2) Mendeskripsikan implementasi inspirational motivation
kepala sekolah, 3) Mendeskripsikan implementasi intellectual stimulation kepala
sekolah, 4) Mendeskripsikan implementasi individualized consideration kepala
sekolah di SMA Negeri 1 Barru Kabupaten Barru. Jenis penelitian ini adalah jenis
penelitian deskriptif kualitatif. Dengan pendekatan fenomologi. Data dikumpulkan
melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan
metode reduksi data, paparan data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengujian
keabsahan data melalui uji kredibilitas data (credibility), yaitu dengan teknik
triangulasi (sumber, teknik, dan waktu) dan member check.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Implementasi Idealized influence
kepala sekolah di SMA Negeri 1 Barru Kabupaten Barru yaitu pelibatan guru dan staf
dalam bidang adminitrasi rapat, pemberian ide/pendapat, pembentukan tim
perumusan visi misi walaupun belum optimalnya pengembangan diri guru karena
jumlah guru yang banyak dan banyaknya kegiatan kepala sekolah, langkah optimal
peningkatan mutu melalui partisipatif dan sosialisasi kebijakan serta pembentukan
pelaksana kegiatan. 2) Inspirational Motivation kepala sekolah dalam penerapan gaya
kepemimpinan sesuai situasi dan kondisi, suasana kerja yang nyaman dan stabil
dengan adanya sarana dan prasarana yang memadai, pemberian motivasi dengan
pemberian contoh meskipun belum maksimal, kesempatan mengungkapkan ide dan
kesadaran tupoksi, sikap saling percaya, kerjasama, serta komitmen yang kuat dalam
bekerja, walaupun belum secara optimal. 3) Intellectual Stimulation meliputi
pengembangan budaya melalui penerapan standar pelaksanaan kegiatan, kedisiplinan
melalui guru piket, sikap saling menghormati, serta kebiasaan mengaji, transparansi,
hubungan harmonis melalui pendekatan secara langsung dan tidak langsung/ melalui
media Whats App. 4) Implementasi Individual consideration melalui tanggap dan
peduli kebutuhan fisiologis, kesejahteraan serta rasa aman, pengembangan
profesionalisme melalui supervisi, MGMP, dukungan untuk melanjutkan pendidikan
S.2, serta menjaga perasaan dengan pemberian nasihat secara bil hikmah.
Implikasi dari penelitian ini adalah hendaknya kepala sekolah sebagai top
manager mampu merumuskan tujuan sekolah di era 4.0, meningkatkan komunikasi
dan kerjasama warga sekolah yang jumlah sangat banyak, mampu melakukan
pembagian tugas dan tanggung jawab secara adil.
musdalifah - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
Manajemen Pendidikan Islam
2020
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...