Detail Cantuman Kembali
DISERTASI: NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM SURAH YUSUF ʽALAIHI AL-SALĀM (SUATU KAJIAN TAFSIR AL-QUR'AN)
Disertasi ini membahas tentang nilai-nilai pendidikan Islam yang dapat diistinbāṭ
dan dieksplorasi dari surah Yusuf. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1)
Untuk mengkaji dan mengeksplorasi nilai-nilai pendidikan i‘tiqadiyah yang
terkandung dalam surah Yusuf; 2) Untuk mengkaji dan mengeksplorasi nilai-nilai
pendidikan ‘amaliyah yang terkandung dalam surah Yusuf; dan 3) Untuk mengkaji
dan mengeksplorasi nilai-nilai pendidikan khuluqiyah dalam surah Yusuf.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka murni (library research) dengan
menggunakan pendekatan ilmu tafsir, dengan metode mauḍūʽī (tematik) atau lebih
spesifik lagi tematik surah, yaitu mengkaji salah satu tema dalam satu surah. Adapun
sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Sumber data
primer adalah dari al-Qur'ān al-Karīm. Sedangkan kitab-kitab tafsir, hadis, dan
sumber-sumber lainnya merupakan sumber data sekunder. Analisis data
menggunakan content analysis (analasis isi), di samping itu juga digunakan discourse
analysis (analisis wacana).
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: 1) Dalam hal nilai-nilai i‘tiqadiyah,
dapat dieksplorasi dua bentuk nilai pendidikan, yaitu nilai pendidikan keimanan dan
nilai pendidikan keluhuran fitrah. Kedua nilai ini amat terkait dengan akidah, yang
apabila dijaga dengan baik akan membentuk pribadi yang senantiasa terhubung
dengan Allah swt. 2) Nilai-nilai ‘amaliyah berkaitan dengan sikap, perbuatan dan
tingkah laku, baik yang terkait dengan ibadah maupun muamalah, atau perilaku dan
sikap yang mengantar kepada keduanya. Dalam hal ini juga diekplorasi dua nilai
pendidikan, yaitu nilai kesabaran dan nilai kesyukuran. 3) Sedangkan dalam hal nilainilai
khuluqiyah juga dieksplorasi dua nilai pendidikan, yaitu nilai kejujuran
(senantiasa berkata benar) dan nilai siri' na pesse. Kedua nilai ini sangat efektif
terhadap pembentukan akhlak mulia, baik secara individu maupun masyarakat.
Implikasi penelitian, bahwa pemahaman dan penanaman nilai-nilai
pendidikan sebagaimana yang terkandung dalam Surah Yusuf a.s terhadap peserta
didik dapat membentuk kepribadian atau karakter qur'ani yang mutakamil
(komprehensif), baik secara individu, kelompok, maupun masyarakat. Baik dalam
pendidikan formal, informal, maupun non formal.
Penanaman nilai-nilai ini seharusnya dilakukan sejak dini demi membentuk
kepribadian yang kuat dan tangguh menghadapi berbagai macam permasalahan hidup
sebagaimana kepribadian yang dimiliki oleh Nabi Yusuf a.s.
RUKMAN ABDUL RAHMAN SAID - Personal Name
2X1
2X1
Text
Indonesia
ILMU AL-QUR'AN DAN TAFSIR
2020
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...