Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS: PENGARUH KESEJAHTERAAN DAN BURNOUT TERHADAP KINERJA GURU HONORER PAI TINGKAT SD DI KECAMATAN PAMBOANG KABUPATEN MAJENE


Guru honorer ikut berperan dalam mewujudkan harapan keberhasilan penyelenggaraan pendidikan di Indonesia. Namun faktanya sebagian guru honorer masih belum mencapai kinerja yang optimal. Faktor yang menentukan kinerja guru honorer yaitu dari segi kesejahteraan dan rentan mengalami burnout. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan penelitian ini yaitu ingin mengkaji tingkat kesejahteraan, bunorut, dan kinerja guru honorer serta mengetahui pengaruh kesejahteraan dan burnout terhadap kinerja guru honorer khususnya guru honorer PAI tingkat SD di Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene.
Jenis penelitian yang digunakan adalah ex post facto dengan metode penelitian kuantitatif. Jumlah populasi guru honorer PAI tingkat SD di Kecamatan Pamboang adalah 30 orang dan diambil seluruhnya sebagai sampel peneltian. Selanjutnya penelitian ini menggunakan tiga instrumen pengkuran yaitu kuisioner kesejahteraan guru, Measurement Burnout Inventory (MBI) untuk mengukur burnout dan kuisioner kinerja guru. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial dengan menggunakan aplikasi SPSS Ver. 25 dan Microsoft Excel Ver. 2019.
Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa nilai mean tingkat kesejahteraan guru honorer PAI yaitu 32,5 dan berada pada interval kelas berkategori kurang baik. Nilai mean pada tingkat burnout yaitu 31,4 yang berada pada interval kelas berkategori sedang. Adapun nilai mean pada tingkat kinerja yaitu 52,1 yang berada pada interval kelas berkategori cukup baik. Hasil analisis regresi sederhadana dan berganda menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kesejahteraan terhadap kinerja guru honorer PAI dengan nilai t hitung > t tabel (4,717 > 2.048) dengan signifikansi 0.000< 0.05, maka H_1 diterima. Kontribusi efektif pengaruh kesejahteraan terhadap kinerja guru sebesar 35,9% dan sisanya sebesar 64,1% dipengaruhi oleh faktor lain atau variabel lain 2) Terdapat pengaruh negatif dan signifikan burnout terhadap kinerja. Uji hipotesis pada sisi kiri (-t hitung) < (-ttabel) yaitu (-3.959) < (-2.048) dengan signifikansi 0.003< 0.05, maka H_1 diterima. Kontribusi efektif pengaruh burnout terhadap kinerja guru sebesar 44,3% dan sisanya sebesar 55,7% dipengaruhi oleh faktor lain atau variabel lain. 3) Terdapat pengaruh kesejahteraan dan burnout secara bersama-sama terhadap kinerja guru honorer PAI dengan nilai F hitung > F tabel (16,924>3.35) dengan signifikansi 0.000 < 0.05, maka H1 diterima. Besar kontribusi terlihat pada nilai Adjusted R Square = 0.556 mengandung makna bahwa 55,6% kinerja dijelaskan oleh kesejahteraan dan burnout secara bersama-sama, dan 44,4% kinerja dipengaruhi oleh variabel lain.
Implikasi dari penelitian ini adalah kinerja guru honorer PAI tingkat SD di Kecamatan Pamboang dapat tingkatkan melalui pemenuhan kesejahteraan guru, karena diperoleh kesejahteraan berpengaruh positif berdasarkan teori yang dikaji dalam penelitian ini. Kemudian kinerja guru honorer PAI tingkat SD di Kecamatan Pamboang dapat pula ditingkatkan melalui upaya mengatasi burnout karena diperoleh pengaruh yang berlawanan arah berdasarkan teori yang dikaji dalam penelitian ini.

MUHAMMAD AYYUB SYAMSUL - Personal Name
371
371
Text
Indonesia
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
2020
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...