Detail Cantuman Kembali

XML

Tesis: PENGEMBANGAN BUKU AJAR ONLINE BERBASIS EXPERIENTIAL LEARNING PADA MATA KULIAH MICROTEACHING PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR


Penelitian ini bertujuan untuk 1) Merancang buku ajar online berbasis experiential learning mata kuliah microteaching yang dibutuhkan oleh mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam, 2) Mendesain proses pengembangan buku ajar online berbasis experiential learning mata kuliah microteaching pada program studi Pendidikan Agama Islam, 3) Menghasilkan buku ajar online berbasis experiential learning yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif pada mata kuliah microteaching program studi Pendidikan Agama Islam, dan 4) Menganalisis respon mahasiswa terhadap buku ajar online berbasis experiential learning yang dikembangkan oleh peneliti pada mata kuliah microteaching program studi Pendidikan Agama Islam.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan mengadopsi model penelitian Borg & Gall, selanjutnya untuk proses pengembangan produk mengadaptasi model ADDIE. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar angkatan 2016. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data melalui analisis data kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.
Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh 94,3% mahasiswa yang berpendapat bahwa perlu adanya sumber belajar yang mendukung proses perkuliahan microteaching, jenis media yang dibutuhkan mahasiswa bervariasi sehingga alternatif solusi yang diambil peneliti adalah memilih platform moodlecloud. Buku ajar dibuat dengan pola tradisional tetapi berbeda dari buku ajar umumnya dikarenakan penggunaannya dikemas secara online. Produk final penelitian dan pengembangan ini adalah platform moodlecloud yang berisi buku berwarna hijau, terdiri dari 3 (tiga) bab, dilengkapi ruang untuk diskusi dan latihan setiap babnya. Melalui analisis data, diperoleh persentase sebesar 94,2% pada lembar validasi ahli penyajian materi dan lembar validasi ahli media dengan persentase sebesar 82,6%, sehingga secara keseluruhan memenuhi kriteria kevalidan. Hasil analisis deskriptif terhadap respon mahasiswa diperoleh persentase sebesar 88,38% sehingga secara keseluruhan produk yang digunakan memberikan efek positif terhadap mata kuliah microteaching mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam. Melalui lembar observasi aktivitas mahasiswa, diperoleh persentase sebesar 66,94% sehingga secara keseluruhan aktivitas mahasiswa menunjukkan keefektifan terhadap mata kuliah microteaching program studi Pendidikan Agama Islam. Selanjutnya, produk ini mendapat respon variatif dari mahasiswa, sehingga ditemukan bahwa kesulitan-kesulitan yang dialami oleh mahasiswa lebih didominasi oleh penggunaan moodlecloud, bukan pada penggunaan buku ajar. Namun, mahasiswa memberi harapan besar kepada peneliti agar terus melakukan inovasi baru untuk menunjang perkuliahan yang lebih baik.
Implikasi penelitian dan pengembangan ini adalah 1) Produk telah teruji melalui kegiatan penilaian ahli materi, ahli media, dan diujicobakan di lapangan sehingga menjadi bahan pertimbangan bagi dosen mata kuliah microteaching untuk menggunakannya, 2) Peneliti memiliki keterbatasan pemahaman mengenai penggunaan portal moodlecloud sehingga menjadi bahan refleksi, 3) Cakupan pengembangannya masih sempit (tetapi dapat digunakan jika memiliki karakteristik pengguna yang sama) sehingga diharapkan penerapannya bisa dalam lingkup yang lebih luas, dan 4) Produk penelitian ini diharapkan berlanjut pada jenjang akademik yang lebih tinggi untuk menghasilkan produk yang berkualitas baik.
371
371
Text
Indonesia
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
2020
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...