Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS: NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM YANG TERKANDUNG DALAM TRADISI PEDHOLE-DHOLE MASYARAKAT WOLIO KECAMATAN KOKALUKUNA BAUBAU BUTON SULAWESI TENGGARA


Penelitian ini membahas tentang latar belakang awal pembentukkan tradisi pedhole-dhole, pelaksanaan tradisi pedhole-dhole dan ragam nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam tradisi pedhole-dhole masyarakat Wolio di Kecamatan Kokalukuna Baubau Buton Sulawesi Tenggara.
Jenis penelitian yang digunakan adalah field research, yaitu suatu penelitian yang menunjukkan data kualitatif, melalui studi lapangan penelitian dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian disajikan dalam bentuk deskriptif analitis.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka disimpulkan bahwa: 1) Tradisi pedhole-dhole berawal dari kisah seorang anak Pendiri Kerajaan Wolio Buton Sipanjonga, yaitu Betoambari yang ketika itu memiliki suatu penyakit yang sulit disembuhkan dan tumbuh kembangnya tidak seperti anak-anak pada umumnya. Betombari diguling-gulingkan di hamparan minyak kelapa asli dilapisi daun pisang, yang diyakin dapat menyembuhkan penyakit yang diderita Betoambari. Setelah itu Betoambari tumbuh sehat seperti anak-anak pada umumnya. Dari situ, menjadi tradisi di Buton ini mana kala ada anak-anak yang sakit, kemudian diobati dengan mina-mina (dalam bahasa Buton dikenal dengan sebutan mina lancau). 2) pelaksanaan tradisi pedhole-dhole masyarakat Wolio di Kecamatan Kokalukuna ini umumnya dilakukan untuk mengobati anak dari penyakit kulit, namun juga memiliki unsur penting lainnya salah satunya adalah untuk pengresmian nama. pelaksanaannya diawali dengan melakukan panimpa atau penyapuan asap dupa pada. Kemudian anak balita itu akan dituturangi atau ditelentangkan di atas periuk. Setelah itu anak yang telah di dhole-dhole akan disuapi telur dan ikan yang telah disediakan. Kemudian balita itu akan di dhole-dhole atau diguling-gulingkan kekanan dan ke kiri, di atas tikar yang dilapisi kain putih dan daun pisang yang sudah dibaluri dengan minyak kelapa. 3) Adapun nilai-nilai yang terkandung dalam tradisi pedhole-dhole adalah nilai Ketuhanan, nila ibadah, nilai akhlak, nilai jasmani, nilai sosial, nilai toleransi, dan nilai gotong-royong.
Implikasi penelitian ini dapat dijadikan sebagai tambahan pengetahuan dalam khazanah pendidikan Islam dan menjadi masukan serta rujukan bagi penelitian selanjutnya.
WA ODE RISKA FAUZIA ALI - Personal Name
2X7.3
2X7.3
Text
Indonesia
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
2020
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...