Detail Cantuman Kembali
TESIS: IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) 2 KOTA MAKASSAR
Pokok masalah yang diteliti dalam tesis ini adalah bagaimana implementasi
Kurikulum 2013 dalam pembelajaran bahasa Arab pada Madrasah Tsanawiyah Negeri
2 Kota Makassar. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan bentuk implementasi
Kurikulum 2013 dalam pembelajaran bahasa Arab pada Madrasah Tsanawiyah Negeri
2 Kota Makassar, faktor pendukung dan penghambat implementasi Kurikulum 2013
dalam pembelajaran bahasa Arab pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Makassar,
menemukan upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi berbagai hambatan
implementasi Kurikulum 2103 dalam pembelajaran bahasa Arab pada Madrasah
Tsanawiyayah Negeri 2 Kota Makassar.
Penelitian ini adalah field research berlokasi di Madrasah Tsanawiyah Negeri
2 Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan
pendekatan pedagogis dan fenomenologis. Adapun sumber data penelitian ini adalah
terdiri atas dua data, yaitu data utama (primer) dan data pendukung (sekunder).
Kemudian metode pengumpulan data yang digunakan adalah peneliti melakukan
observasi langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi, dokumentasi
berupa perangkat pembelajaran, serta melakukan wawancara dengan para guru bahasa
Arab, siswa-siswa, kepala Madrasah, dan wakamad kurikulum pada Madrasah
Tsanawiyah Negeri 2 Kota Makassar, serta peneliti juga melakukan studi dan analisis
terkait dengan fokus penilitian. Kemudian data yang telah terkumpul dianalisis melalui
beberapa tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan.
Sedangkan tahap teknik pengujian keabsahan data, peneliti menggunakan teknik
triangulasi, bertujuan untuk mengecek dan memvalidasi kebenaran dan keabsahan data
hasil penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Bentuk implementasi Kurikulum 2013
dalam pembelajaran bahasa Arab pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Makassar
secara umum belum terlaksana dengan baik berdasarkan pedoman Kurikulum 2013,
hal ini dapat dilihat bahwa dalam perencanaan pembelajaran bahasa Arab, guru sudah
menyiapkan silabus dan RPP sesuai dengan pedoman Kurikulum 2013, namun dalam
pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab berdasarkan pendekatan saintifik (Mengamati,
Menanya, Mengumpulkan Informasi, Mengasosiasi atau Menganalisis, serta Mengomunilasikan) masih memiliki berbagai hambatan dimana di beberapa kelas VII
dan VIII guru belum menyiapkan media ataupun sumber belajar serta metode yang
sesuai sebagaimana yang tertuang dalam silabus maupun RPP, keterbatasan alat
ataupun media seperti LCD, dan minimnya buku paket siswa yang di mana sebagai
penunjang ketercapaian pelaksanaan pembelajaran. adapun dalam penilaian, guru
masih kesulitan dalam penilaian, namun sudah melakukan penilaian autentik walaupun
rencana penilaian tidak dilakukan secara menyeluruh untuk menguji KD dalam satu
semester. 2) Faktor pendukung implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran
bahasa Arab pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Makassar adalah dukungan
kepala madrasah, kualifikasi guru, pemanfaatan TIK, dan dukungan siswa, adapun
faktor penghambatnya yaitu kurangnya sarana dan prasarana, minimnya buku atau
bahan ajar, masih ada guru yang kesulitan dalam penilaian pembelajaran berdasarkan
Kurikulum 2013, dan Pelatihan pengembangan Kurikulum 2013 masih bertahap dan
berjenjang, dan 3) Upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi berbagai hambatan
implementasi Kurikulum 2103 dalam pembelajaran bahasa Arab pada Madrasah
Tsanawiyayah Negeri 2 Kota Makassar yaitu Melengkapi sarana dan prasarana dalam
pelaksanaan pembelajaran seperti pengadaan Laboratorium bahasa, ketersediaan LCD
yang memadai, guru ikut serta dalam pelatihan-pelatihan atau workshop khusus
mengenai penilaian Kurikulum 2013 serta dalam hal pemanfaatan media pembelajaran
yang diwadahi kepala madrasah, melengkapi ketersediaan kamus bahasa arab dan buku
atau bahan ajar di perpustakaan, serta semua perangkat pendidikan di madrasah
terutama guru harus saling bersinergi untuk mengembangkan materi Kurikulum 2013
agar guru lebih kreatif dalam mengolah pembelajaran.
Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota
Makassar dalam kaitannya dengan implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran
bahasa Arab yang terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu tentu perlu ada
proses panjang sehingga bisa berjalan optimal. Implementasi Kurikulum 2013 dalam
pembelajaran bahasa Arab menunjukkan bahwa implementasinya belum berjalan
optimal berdasarkan aturan Kurikulum 2013, karena dalam proses pelaksanaan
pembelajarannya masih memiliki hambatan-hambatan. Tentunya pihak Madrasah
Tsanawiyah mengatasi hambatan-hambatan tersebut, dengan menyediakan sarana dan
prasarana yang memadai terutama media atau alat pembelajaran seperti LCD, dan
laboratorium bahasa sehingga guru mampu meningkatkan profesionalitasnya dalam
pelaksanaan pembelajaran. Serta Kepala Madrasah dan jajarannya mewadahi guruguru
memberikan pelatihan ataupun workshop mengenai Kurikulum 2013 secara intens
agar guru lebih kreatif dan memahami lagi pengembangan Kurikulum 2013.
Kata Kunci: Implementasi Kurikulum 2013, Pembelajaran Bahasa Arab
AHMAD MUSTAQIM ILYAS - Personal Name
2X7.3
2X7.3
Text
Indonesia
PENDIDIKAN BAHASA ARAB
2019
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...