Detail Cantuman Kembali

XML

DISERTASI: STRATEGI PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH KOTA GORONTALO


Rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimana proses penerapan strategi pengelolaan pendidikan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Gorontalo? Faktor-faktor apa sajakah yang mendukung dan menghambat serta solusi penerapan strategi pengelolaan pendidikan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Gorontalo? Bagaimana hasil penerapan strategi pengelolaan pendidikan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Gorontalo?
Jenis penelitian ini tergolong kualitatif dengan beberapa pendekatan antara lain pendekatan manajerial, pedagogis, psikologis, dan historis. Sumber data terdiri atas sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer yaitu orang (person), tempat dan kejadian (place), sedangkan sumber data sekunder yaitu dokumen atau data-data tertulis (paper). Metode pengumpulan data adalah observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dengan cara mereduksi data, kemudian menyajikan data (display), dan memverifikasi (menarik kesimpulan). Adapun pengujian datanya dilakukan dengan cara pengamatan yang tekun dan triangulasi.
Hasil penelitian yaitu: ( ) Penerapan strategi pengelolaan pendidikan Muhammadiyah di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Gorontalo terdiri atas: proses penerapan strategi pengelolaan kurikulum dan proses penerapan strategi pengelolaan sumber daya manusia. ( ) Faktor pendukung dalam pembinaan guru dalam pengelolaan kurikulum yakni kepala madrasah dilihat dari latar belakang pendidikan dan pengalamannya dan faktor pendukung dalam pengelolaan sumber daya manusia. Faktor penghambat terdiri atas penghambat dalam pengelolaan kurikulum dan pengelolaan Sumber Daya Manusia seperti pengetahuan guru dan pegawai terkait pengelolaan pendidikan Muhammadiyah yang belum optimal, dan supervisi. ( ) Hasil penerapan strategi pengelolaan pendidikan Muhammadiyah di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Gorontalo yaitu (a) hasil penerapan strategi pengelolaan kurikulum terdiri atas perencanaan yakni pelaksanaan aktivitas perencanaan kurikulum selalu melibatkan semua unsur, kepala madrasah ikut mendampingi mengatasi kesulitan, pengawasan/penilaian menunjukkan hasil evaluasi tahap akhir (tes semester ganjil) cukup baik. (b) hasil penerapan strategi pengelolaan Sumber Daya Manusia yaitu guru dan pegawai tampil profesional dalam hal: kedisplinan waktu kehadiran, kepulangan, dan kerapian, melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan baik dan profesionalisme guru dalam mengelola kelas serta perubahan perilaku peserta didik.
Implikasi penelitian yaitu: Capaian hasil penerapan strategi pengelolaan pendidikan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Gorontalo memberikan penilaian yang positif dari semua pihak dan menjadi pelajaran berharga bagi pemangku kepentingan untuk terus melibatkan diri sesuai dengan keahliannya masing-masing.
371
371
Text
Indonesia
PENDIDIKAN DAN KEGURUAN
2019
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...