Detail Cantuman Kembali

XML

DISERTASI: PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FIKIH BERBASIS MULTIMEDIA KELAS VII SMP IMMIM PUTRA MAKASSAR


Tujuan penelitian pengembangan ini dilakukan: 1) untuk mendesain produk berupa blueprint fikih taharah berbasis multimedia di Kelas VII SMP IMMIM Putra Makassar, 2) untuk Menguji kevalidan bahan ajar berbasis multimedia dalam pembelajaran fikih pada materi taharah di Kelas VII SMP IMMIM Putra Makassar, 3) untuk menghasilkan bahan ajar fikih taharah berbasis multimedia yang efektif untuk siswa Kelas VII SMP IMMIM Putra Makassar.
Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan research and development (R&D) yang menghasilkan; 1) Bahan ajar berbasis multimedia yang mengacu pada langkah-langkah desain pengembangan yang dikembangkan oleh Alessi & Trollip, desain pengembangan tersebut dikelompokkan atas tiga prosedur pengembangan, yang meliputi: (a) tahap perencanaan (planning); (b) tahap desain (design); dan (c) tahap pengembangan (development). 2) Tingkat kevalidan bahan ajar berbasis multimedia setelah divalidasi atau diuji coba produk yang terdiri atas uji alpha yang dilakukan oleh dua ahli materi, dua ahli media, serta uji beta yang dilakukan melalui 2 tahap yaitu uji beta 1 (uji coba kelompok kecil) kepada 6 siswa kelas VIII dan uji beta 2 (uji coba kelompok besar) pada 32 siswa kelas VII SMP IMMIM Putra Makassar, dan uji coba dinilai sangat layak dalam pembelajaran fikih pada materi taharah. 3) Produk yang dihasilkan efektif dalam pembelajaran fikih berbasis multimedia siswa kelas VII SMP IMMIM Putra Makassar, terbukti dengan nilai pretest sebesar 56,68 pada tes posttest/tes hasil belajar 82,18 dengan nilai gain skor 0,58. Instrumen penelitian yang gunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, observasi, angket dan butir-butir soal. Produk bahan ajar fikih berbasis multimedia dihasilkan dalam bentuk video yang dikemas menggunakan compact disk (CD) yang praktis digunakan.
Hasil penilitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis multimedia yang dikembangkan dalam bentuk video pembelajaran setelah melalui validasi dari para ahli dan uji coba terbatas, maka bahan ajar ini dinyatakan valid, praktis dan efektif sehingga layak untuk digunakan pada pembelajaran fikih khususnya materi taharah. Penelitian ini berimplikasi pada pengembangan bahan ajar fikih berbasis multimedia yang telah memenuhi syarat kevalidan, keefektifan dan praktis, bahan ajar ini dapat membantu guru dalam menyampaikan materi taharah karena penggunaan berbasis multimedia dalam proses belajar dapat membangkitkan perhatian dan minat yang baru, membangkitkan motivasi pada siswa dalam belajar, dan bahkan dapat membawa pengaruh psikologi terhadap siswa.
AFIF ZUHDY IDHAM - Personal Name
371
371
Text
Indonesia
PENDIDIKAN DAN KEGURUAN
2020
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...