Detail Cantuman Kembali
DISERTASI: KESETARAAN GENDER DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kesetaraan dan keadilan
dalam perspektif gender; (2) mendeskripsikan gender dalam perspektif pendidikan
Islam; (3) menganalisis prospek perempuan dalam perspektif gender dan
pendidikan Islam. Permasalahan sentral dari disertasi ini adalah bagaimana
interpretasi kesetaraan gender dalam perspektif pendidikan Islam.
Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif berjenis penelitian library research
dengan menggunakan pendekatan pos positivistik atau naturalistik secara
metodologi, selain pendekatan teologis normatif, dan pedagogis historis
(historical pedagogical approach) dari sudut pandang studi atau keilmuan untuk
mengumpulkan data dengan menggunakan metode kutipan langsung dan tidak
langsung dengan mengandalkan quote card, search engine yang diolah dan
dianalisis dengan teknik data reduction, data display, dan content analysis serta
conclusion drawing.
Hasil study menunjukkan bahwa: (1) gender merupakan konsep sosial yang
digunakan untuk melihat diferensiasi antara laki-laki dan perempuan. Keperihatinan
para feminis melihat kaum perempuan yang tertindas dengan berbagai macam
pandangan negatif terhadapnya seperti kekerasan, stereotype, subordinate dan
marginalisasi, menuntut para feminis untuk memperjuangkan hilangannya pandangan
negatif tersebut dan memberi ruang kepada perempuan untuk terjun dalam bidang
sosial sebagaimana halnya laki-laki; (2) Pendidikan Islam merupakan kegiatan yang
berusaha mengembangkan dan mengaktualkan potensi-potensi yang dimiliki oleh
manusia melalui adaptasi terhadap lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat
yang didasarkan pada nilai-nilai Islam. Pendidikan Islam bertujuan untuk menjadikan
manusia sebagai khalifah yang senantiasa mengerti akan posisinya sebagai hamba dan
selalu mengabdikan dirinya berdasarkan apa yang diperintahkan Allah. Oleh karena
itu, siapa saja bisa dan berhak mengaktualkan potensinya tanpa melihat jenis kelamin
biologis; (3) gender dalam perspektif pendidikan Islam, berusaha mendudukkan
manusia sebagai peserta didik atau pelaku pendidikan yang memiliki keinginan untuk
maju. Laki-laki dan perempuan memiliki hak yang setara untuk berpartisipasi aktif di
bidang Pendidikan. Perempuan di dalam Islam pernah menorehkan sejarah dan
menjadi kembang peradaban misalnya Aisyah, Sakina -Putri Husain Ibn Abi> Thalib-
Syuhra -salah seorang guru dari Imam Sya>fi’iy-, Syamiat al-Taimiyah, Zaina, Rabiah
al-Adawiah. Peran strategis di bidang politik seperti Safiyyah Hazun, Gaziyyah,
Khayun. Badan dunia seperti PBB memberikan skala prioritas 30 % porsi kepada
kaum perempuan untuk posisi sosial. Presentasi perempuan dalam bidang sains dan
teknologi adalah ahli fisika sebanyak 9%, ahli matematika sebanyak 21%, ahli
komputer sebanyak 21%, ahli lingkungan sebanyak 12%, insinyur sebanyak 4%, ahli Kehidupan sebanyak 22%, ahli psikologi sebanyak 35%, dan ahli ilmu sosial sebanyak
25%.
Penelitian ini berimplikasi kepada: (1) setiap orang harus menghargai
kesetaraan dan kesamaan hak sebagai hamba Allah swt. tanpa diskriminasi biologis.
Pendidikan Islam menghargai kemanusiaan seseorang secara egaliter; (2) laki-laki dan
perempuan bekerja secara arm in arm mewujudkan irama harmoni dalam perbedaan
untuk memperoleh kebaikan dalam bingkai prinsip mawaddah wa rahmah; (3)
perlunya reinterpretasi ajaran yang bersih dari unsur subyektif dan bias gender, agar
agama tidak menjadi kambinghitam pelanggengan ketimpangan gender baik bias
patriarki maupun sosio kultural lainnya; (4) bagi decision maker dalam lapangan
pendidikan agar memberi peluang dan akses kepada siapa saja baik laki-laki maupun
perempuan selama peluang itu ada dan memenuhi kriteria yang bebas dari
diskriminasi pertimbangan yang sifatnya kodrati; (5) pendidikan, pelatihan dan
desiminasi secara berkesinambungan perlu dilaksanakan agar pemahaman tentang
kesetaraan gender dalam pendidikan dapat tersosialisasi dengan baik di semua
segmen masyarakat sehingga tercipta gender equality.
Muhammad Rusydi Rasyid - Personal Name
2X6
2X6
Text
Indonesia
2019
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...