Detail Cantuman Kembali
TESIS: Implementasi Metode al-Barqy dalam Pembelajaran Membaca al-Quran Peserta Didik TK-TPA Babussa’adah Makassar
Pokok masalah pada penelitian ini adalah bagaimana implementasi pembelajaran baca al-Qur’an melalui metode al-Barqy di TK-TPA Babussa’adah Makassar. Pokok masalah tersebut dibagi dalam tiga sub masalah atau pertanyaan penelitian yaitu: 1) Bagaimana implementasi pembelajaran baca al-Qur’an dengan menggunakan metode al-Barqy pada peserta didik di TK-TPA Babussa’adah Makassar. 2) Kendala-kendala apa yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan metode al-Barqy pada pembelajaran membaca al-Qur’an di TK-TPA Babussa’adah Makassar. 3) Bagaimana solusi mengatasi kendala implementasi metode al-Barqy dalam pembelajaran baca al-Qur’an di TK-TPA Babussa’adah Makassar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, Penelitian ini berupaya mencari fakta dengan interpretasi aktual terhadap data lapangan yang ditemukan, sifatnya deskriptif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan pedagogis dan pendekatan psikologis. Adapun sumber data penelitian diperoleh langsung dari kepala sekolah, para guru, staf administrasi dan peserta didik. Selanjutnya metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi serta penelusuran dari berbagai literatur dan referensi. Lalu teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dalam tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: gambaran umum implementasi pembelajaran baca al-Qur’an melalui metode al-Barqy di TK-TPA Babussa’adah Makassar melalui beberapa tahapan yaitu: 1) Menyiapkan alat-alat mengajar. 2) Mengatur peserta didik. 3) Membaca doa pembuka. 4) Membelajarkan peserta didik dengan teknik klasikal. 5) Membelajarkan peserta didik menggunakan buku metode al-Barqy dengan teknik baca simak. 6) Membaca doa penutup. Adapun kendala-kendala dalam mengimplementasikan metode al-Barqy dalam pembelajaran baca al-Qur’an di TK-TPA Babussa’adah adalah adanya peserta didik yang memiliki kecerdasan yang masih dibawah rata-rata, terlambatnya persediaan buku al-Barqy dan terbatasnya tenaga pendidik yang mampu mengajarkan metode al-Barqy. Dalam mengatasi kendala-kendala tersebut maka pilihan solusi bagi para guru adalah mengadakan program tambahan dan menyeseleksi peserta didik, guru menyediakan buku pedoman metode al-Barqy dan menambah tenaga pendidik dan sering mengadakan latihan bersama.
Implikasi penelitian ini adalah: Diharapkan penelitian ini bisa menjadi wacana ilmiah terbaru untuk lebih meningkatkan mutu dan kualitas program baca al-Qur’an bagi para pendidik dalam memberikan pengajaran pada generasi selanjutnya agar bisa melahirkan generasi Qur’ani yang religius dan intelek.
Rusman Paewai - Personal Name
2X7.3
2X7.3
Text
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
2020
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...