Detail Cantuman Kembali

XML

DISERTASI: Integrasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter ke dalam Pembelajaran PAI Berbasis Kurikulum 2013 pada SMP Negeri 1 Pallangga-Gowa


Disertasi ini membahas integrasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran PAI berbasis Kurikulum 2013 pada SMP Negeri 1 Pallangga-Gowa, dengan tujuan: (1) Untuk mendeskripsikan implementasi Kurikulum 2013 pada SMP Negeri 1 Pallangga-Gowa. (2) Untuk memetakan ragam integrasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran PAI pada SMP Negeri 1 Pallangga-Gowa. (3) Untuk memetakan ragam integrasi nilai-nilai pendidikan karakter keagamaan dalam kegiatan ekstrakurikuler pada SMP Negeri 1 Pallangga-Gowa. (4) Untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat peintegrasian nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran PAI pada peserta didik di SMP Negeri 1 Pallangga-Gowa beserta solusinya.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Penelitian ini dari sisi metodologi menggunakan pendekatan fenomenologis, dan dari sisi keilmuan menggunakan pedagogis, sosiologis, dan manajerial. Sumber data berasal dari data primer yang didapatkan dari dokumen sekolah (silabus PAI) dan Kepala Sekolah, guru PAI, dan warga sekolah sedangkan data sekunder dari pakar pendidikan karakter dan kurikulum serta hasil penelitian terkait. Pengumpulan data menggunakan teknik; observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Data yang terkumpul tetap dilakukan pengujian keabsahan data. Pengolahan data dan analisis data diawali dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Kurikulum 2013 pada SMP Negeri 1 Pallangga-Gowa menunjukkan bahwa guru-guru PAI sudah menerapkan Kurikulum 2013 tetapi masih ada sebagian guru belum mampu menerapkan secara teknis dengan baik, demikian juga masih ada guru yang tidak konsisten menggunakan Kurikulum 2013 karena masih senang dengan KTSP (2) Integrasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam mata pelajaran PAI dilakukan dengan cara, yaitu: pemuatan nilai-nilai pendidikan karakter ke dalam mata pelajaran PAI dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi dalam praktik dan pengembangan RPP (3) Bentuk integrasi nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam kegiatan ekstrakurikuler pada SMP Negeri 1 Pallangga-Gowa, yaitu: Kepramukaan, Bola Voli, Karate, Seni Tari, Adiwiyata, PMR, Rohis, kegiatan pengembangan diri, kegiatan spontan, kegiatan keteladanan pembentukan arakter peserta didik, dan kegiatan pengkondisian sekolah. (4) Ada dua faktor pendukung integrasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran PAI berbasis Kurikulum 2013 pada SMP Negeri 1 Pallangga-Gowa, yaitu: Implementasi Kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Pallangga-Gowa dalam pembelajaran PAI mengalami beberapa faktor kendala yaitu pendukung dan penghambat. Faktor pendukung, yaitu kompetensi guru terkait pemahaman Kurikulum 2013 cukup optimal dan dorongan dan inisiatif kepala sekolah dalam meningkatkan pengetahuan teoretis dan praktis Kurikulum 2013. Faktor penghambat minimnya sarana dan prasarana yang mendukung proses pembelajaran, penguasaan guru PAI dalam penerapan teknologi pembelajaran yang belum maksimal, inkonsistensi guru PAI dalam mengimplementasikan RPP PAI berbasis Kurikulum 2013. SMP Negeri 1 Pallangga-Gowa tertap mengupayakan pembentukan nilai-nilai pendidikan karakter pada peserta didik kegiatan ekstrakurikuler.
Berdasarkan hasil temuan dan kesimpulan maka implikasi dari penelitian: (1) Kepala Sekolah sebagai decision maker memprogram secara khusus bagi guru belum mampu menerapkan secara teknis dengan baik dan memberi teguran kepada guru yang memilih KTSP daripada Kurikulum 2013 (2) Terkait integrasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam mata pelajaran PAI masih perlu dilakukan langkah-langkah konkrit untuk mengatasi kendala-kendala integrasi nilai-nilai pendidikan karakter ke dalam mata pelajaran PAI dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi dalam praktik dan pengembangan RPP, melalui MGMP, KKM, Workshop, pelatihan dan seminar. (3) Integrasi nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam kegiatan ekstrakurikuler pada SMP Negeri 1 Pallangga-Gowa masih dibutuhkan perhatian dan keterlibatan dari warga sekolah secara lebih aktif. Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Pallangga-Gowa seharusnya segera merespon faktor pendukung dan penghambat tersebut jika ingin kondisi mendapatkan hasil yang optimal (4) Kepala Sekolah merespon dengan mendesain kegiatan yang bisa meningkat faktor pendukung dan mengurangi faktor penghambat tersebut.


Syarifuddin Idris - Personal Name
370
370
Text
2019
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...