Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS: PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PAI DI MADRASAH TSANAWIYAH AS’ADIYAH ITTERUNG KAB. BONE


Tesis ini membahas tentang pengaruh kompetensi profesional dan keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI di Madrasah Tsanawiyah As’Adiyah Itterung Kab. Bone. Pokok permasalahan tersebut selanjutnya dijabarkan:1) mendeskripsikan kompetensi profesional, keterampilan mengajar guru dan tingkat prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI di Madrasah Tsanawiyah As’Adiyah Itterung Kab. Bone. 2) menganalisis pengaruh kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran PAI di Madrasah Tsanawiyah As’Adiyah Itterung Kab. Bone, 3) menganalisis pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran PAI di Madrasah Tsanawiyah As’Adiyah Itterung Kab. Bone, 4) menganalisis kompetensi profesional dan keterampilan mengajar guru secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran PAI di Madrasah Tsanawiyah As’Adiyah Itterung Kab. Bone.
Jenis penelitian ini didesain sesuai metode penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di Madrasah Tsanawiyah As’Adiyah Itterung Kab. Bone yang berjumlah 64 orang, Teknik pengumpulan data yaitu kuesioner (angket), observasi dan dokumentasi, dengan teknik analisis data yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial regresi ganda dengan bantuan SPSS versi 21.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif bahwa kompetensi profesional guru berada pada kategori tinggi dengan jumlah persentase 90,62% dan keterampilan mengajar guru berada pada kategori tinggi dengan jumlah persentase 89,06%, sedangkan prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI berada pada kategori rendah dengan jumlah persentase 65,62%. Dari hasil jumlah persentase tersebut didasarkan pada hasil pengujian olah data yang didapatkan dari responden. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial bahwa kompetensi profesional secara langsung berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik ditunjukkan dengan perolehan hasil t-hitung=2.137 dan Sig. (0.037
Sabri - Personal Name
371
371
Text
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
2019
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...