Detail Cantuman Kembali
TESIS: Efektivitas Penerapan Counseling Learning Method dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas VIII SMP IT Wahdah Islamiyah Makassar.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi dan hasil belajar peserta didik yang diajar tanpa menerapkan Counseling Learning Method dalam pembelajaran bahasa Arab, dan untuk mendeskripsikan motivasi dan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menerapkan Counseling Learning Method dalam pembelajaran bahasa Arab, serta untuk menguji efektivitas penerapan Counseling Learning Method dalam pembelajaran bahasa Arab terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP IT Wahdah Islamiyah Makassar.
Penelitian ini tergolong kuantitatif dengan jenis Quasi Experimental Design. Adapun sumber data sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP IT Wahdah Islamiyah Makassar. Selanjutnya, metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, tes (pre-test dan post-test) dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan t-test, Hal tersebut ditunjukkan dari nilai signifikansi 0,005 lebih kecil dari nilai Alfa 0,05. bahwa Ha diterima, sehingga penerapan Counseling Learning Method dalam pembelajaran bahasa Arab efektiv terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP IT Wahdah Islamiyah Makassar. Selain itu, uji t banding dilakukan untuk melihat perbandingan motivasi dan hasil belajar bahasa Arab peserta didik pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal ini dapat dilihat pada perbandingan motivasi dan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menerapkan Counseling Learning Method mendapatkan nilai rata-rata sebesar 6,607 atau 66,07%,, sementara nilai rata-rata kelas kontrol yang diajar tanpa Counseling Learning Method sebesar 0,4887 atau 48,87%,, terdapat selisih nilai peningkatan hasil belajar peserta didik sebesar 0,172 atau 17,2 %. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa penerapan Counseling Learning Method efektiv terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar bahasa Arab peserta didik.
Implikasi penelitian ini adalah: (1) motivasi dan hasil belajar bahasa Arab peserta didik kelas eksperimen berada pada kategori baik, sehingga perlu dipertahankan atau bahkan lebih ditingkatkan lagi agar lebih baik. (2) motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas kontrol berada pada kategori sedang, sehingga perlu ditingkatkan agar dapat mencapai kategori baik atau bahkan kategori sangat baik. (3) secara umum motivasi dan hasil belajar peserta didik masih perlu ditingkatkan lagi agar lebih baik.
Resky Damayanti Herman - Personal Name
2X7.3
2X7.3
Text
PENDIDIKAN BAHASA ARAB
2019
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...