Detail Cantuman Kembali
TESIS: PEMBACAAN SEMIOTIK MICHAEL RIFFATERRE DALAM DIWA
Tesis ini membahas tentang pembacaan semiotik Michael Riffaterre dalam dim al-
Sya>fi’i< tentang motivasi belajar dan keutamaan ‘awa>n al-Ima>m al-Sya>fi’i< adapun data
sekundernya adalah segala referensi yang digunakan peneliti untuk membahas data
primer. Metode analisis data penelitian ini menggunakan konten analisis yaitu analisis
ilmiah tentang isi pesan.
Analisis yang digunakan untuk memaknai puisi-puisi tersebut adalah teori
semiotik yang dikembangkan oleh Michael Riffaterre. Cara kerja aplikasi teori tersebut
melalui berapa tahapan. Pertama adalah tahap pembacaan heurustik yaitu membaca puisi
sesuai dengan bahasa konvensional. Kedua adalah tahap hermeneutik atau retroaktif
yaitu membaca puisi yang didasarkan pada konvesi teori sastra, majas dan
ketidaklangsungan ekspresi. Pada tahap ini, pembaca memaparkan makna sastra
berdasarkan interpretasi tahap pertama yaitu pembacaan heuristik. Ketiga adalah tahap
penelusuran matriks atau intisari dari serangkaian teks. Keempat adalah tahap
penelusuran hipogram. Hipogram adalah landasan bagi penciptaan puisi yang baru,
mungkin dipatuhi tetapi juga disimpangi oleh pengarang menurut Michael Riffaterre.
Setelah peneliti melakukan pembacaan heuristik dan hermeneutuk/retroaktif
dalam di>wa>n al-Ima>m al-Sya>fi’i< tentang motivasi belajar dan keutamaan a>lim
ditemukan matrik pada puisi pertama ‚ilmu dan takwa‛ yaitu bahwa indikator eksistensi
seorang pemuda ada pada ilmu dan ketakwaannya, adapun hipogramnya adalah pesan hikmah imam Syafi’i yang berjudul ‚jalan memperoleh ilmu‛. Pada puisi kedua
‚merantau‛ ditemukan matriksnya yaitu bahwa merantau adalah upaya memotivasi diri
bergerak ke arah yang lebih baik, adapun hipogram yang ditemukan adalah pesan hikmah
yang berjudul ‚faidah-faidah merantau‛. Pada puisi ketiga ‚keutamaan ‘a>lim‛ ditemukan
matriksnya yaitu bahwa dengan ilmu, seseorang akan terangkat derajatnya walaupun ia
berasal dari keluarga yang hina, adapun hipogramnya adalah QS al-Muja>dilah/58:11
yang memiliki hubungan kesamaan maksud dan membuktikan bahwa dengan ilmu
seseorang dapat terangkat derajatnya.
Ahmad Rais. TM. - Personal Name
400
400
Text
BAHASA DAN SASTRA ARAB
2019
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...