Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS: GERAKAN PRAMUKA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN SULTAN HASANUDDIN KABUPATEN GOWA


Penelitian ini berjudul ”Gerakan Pramuka Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Sultan Hasanuddin Kabupaten Gowa”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan permasalahan antara lain; 1) Bagaimana pelaksanaan kegiatan kepramukaan di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Sultan Hasanuddin?. 2) Bagaimana metode pembinaan karakter peserta didik melalui gerakan pramuka di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Sultan Hasanuddin?. 3) Bagaimana Faktor pendukung dan penghambat gerakan pramuka dalam pembentukan karakter di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Sultan Hasanuddin?.
Untuk memperoleh jawaban terhadap permasalahan tersebut maka, penulis menggunakan tiga metode pengumpulan data yaitu; Observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan metodologis dan keilmuan serta teknik analisis data yang digunakan adalah; Reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan yang telah didapatkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Pelaksanaan kegiatan kepramukaan dalam pembentukan karakter peserta didik berjalan baik dan lancar dengan dukungan beberapa pihak yang terkait dilingkungan Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Sultan Hasanuddin dengan meliputi berbagai kegiatan yaitu: upacara, latihan keterampilan baris-berbaris, sandi, pionering, perkemahan, dan jelajah alam sebagai bentuk kegiatan yang mampu menjadi wadah pembinaan pembentukan karakter religius, jujur, cinta tanah air, cinta damai, sopan, toleransi, mandiri, semangat kebangsaan, disiplin, patriot, kepemimpinan, kebersamaan, keterampilan, kekompakan, dan bertanggung jawab. 2) Dengan diterapkannya berbagai metode pembinaan, diantaranya; Pengamalan kode kehormatan, belajar sambil melakukan, sistem berkelompok, satuan terpisah, dan satuan terpisah mampu menjadi cara untuk mempermudah tercapainya tujuan yang telah ditetapkan dalam pembentukan karakter peserta didik melalui kegiatan menarik, menyenangkan dan menantang yang disesuaikan kondisi, situasi, dan kegiatan peserta didik dengan sasaran akhir adalah pembentukan karakter. 3) Faktor pendukung gerakan pramuka dalam pembentukan karakter peserta didik Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Sultan Hasanuddin yaitu; kondisi alam di lingkungan memadai, respon yang baik dari berbagai pihak, serta kelengkapan sarana dan prasarana yang disediakan sangat menunjang proses terlaksananya pendidikan kepramukaan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu silabi kegiatan yang masih perlu diperbaiki, aktifitas pondok yang berbenturan dengan kegiatan kepramukaan, dan kurangnya kerjasama orang tua peserta didik dalam pelaksanaan kepramukaan.
Adapun Implikasi dari penelitian ini adalah; 1) Pihak-pihak yang terkait di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Sultan Hasanuddin dalam melaksanakan pendidikan kepramukaan dapat menjadi contoh dari pelaksana lembaga pendidikan.
2) Perlunya rancangan pembelajaran kegiatan pada proses pelaksanaan kepramukaan di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Sultan Hasanuddin, sehingga pelaksanaan kepramukaan dapat terarah dengan baik. 3) Kegiatan kegiatan yang telah terjadwal baik kegiatan pondok dan kegiatan kepramukaan agar lebih diperhatikan, sehingga pelaksanaan yang telah diprogramkan berjalan tanpa ada yang dikesampingkan. 4) Komunikasi yang baik antara pihak madrasah kepada orang tua peserta didik, agar tujuan gerakan pramuka dalam membentuk karakter peserta didik dapat terwujud dan mendapat dukungan dari berbagai pihak.

MUHAMMAD TAHA - Personal Name
370
370
Text
Indonesia
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
2019
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...